Erick Thohir Ingin ECT Expo 2021 Jadi Lokomotif Industri Halal

Kompas.com - 17/05/2021, 16:21 WIB
Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 KOMPAS.com/SUCI RAHAYUErick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir meresmikan pembukaan acara Eid Al Fitr Creative and Tourism (ECT) Expo 2021 secara daring.

Acara yang diselenggarakan sehari setelah libur Lebaran ini diharapkan dapat memulihkan dan menggairahkan pariwisata dan UMKM kreatif di Indonesia.

“Saya apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya ECT Expo 2021. Di hari pertama kerja pasca momen Idul Fitri, MES langsung menggelar kegiatan yang mendorong pemulihan dan menggairahkan sektor ekonomi kreatif,” kata Erick dalam sambutannya secara virtual, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee dan Tokopedia

Erick mengatakan, acara ini diharapkan dapat menjadi lokomotif dari industri halal, tidak hanya di Indonesia tapi juga global. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan peran serta /kolaborasi pemerintah dan swasta.

“Tentu memanfaatkan perkembangan teknologi digital, saat ini menjadi bagian cukup penting. Mudah-mudahan kita bisa membuat expo global untuk Indonesia di akhir tahun ini,” kata dia.

Erick juga mengatakan, dalam membangun usaha tidak hanya sekadar produk yang sukses dibeli masyarakat, tapi juga berkelanjutan dan relevan dengan masanya. Maka dari itu pelaku usaha di sektor kreatif diharapkan mampu beradaptasi dengan kebutuhan masa kini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Produk yang sukses harus berkelanjutan dan relevan pada saat pandemi dan pasca pandemi yang akan berubah lagi kehidupannya. Walaupun pandemi penuh tantangan, saya mengajak pengusaha ekosistem MES untuk tidak hanya fokus mempertahankan bisnis tapi juga mengembangkannya,” ucap dia.

Erick berharap dengan dilangsungkannya pameran secara daring dapat memberikan petunjuk kepada para pelaku usaha tentang kebutuhan konsumen pada saat ini dan di masa depan. Dengan begitu pelaku usaha kreatif bisa beradaptasi dan menyesuaikan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, acara Eid Al Fitr Creative and Tourism Expo 2021 diharapkan mampu menggerakkan UMKM di sektor kreatif dan meningkatkan keterampilan pelaku usaha melaksanakan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Dengan kegatan ini diharapkan bisa mengerakkan UMKM , meningkatkan ketrampilan agar UMKM kita bisa melaksansakan bsinsisnya secara virtual. Mari kita hadirkan ekonomi yang berkeadilan, dimana dengan Expo ini, pemulihan ekonomi nasional bisa tereksekusi tepat saasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” kata dia.

Baca juga: Menteri Tjahjo Singgung soal Hukuman ASN yang Nekat Mudik



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.