Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Ingin ECT Expo 2021 Jadi Lokomotif Industri Halal

Kompas.com - 17/05/2021, 16:21 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir meresmikan pembukaan acara Eid Al Fitr Creative and Tourism (ECT) Expo 2021 secara daring.

Acara yang diselenggarakan sehari setelah libur Lebaran ini diharapkan dapat memulihkan dan menggairahkan pariwisata dan UMKM kreatif di Indonesia.

“Saya apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya ECT Expo 2021. Di hari pertama kerja pasca momen Idul Fitri, MES langsung menggelar kegiatan yang mendorong pemulihan dan menggairahkan sektor ekonomi kreatif,” kata Erick dalam sambutannya secara virtual, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee dan Tokopedia

Erick mengatakan, acara ini diharapkan dapat menjadi lokomotif dari industri halal, tidak hanya di Indonesia tapi juga global. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan peran serta /kolaborasi pemerintah dan swasta.

“Tentu memanfaatkan perkembangan teknologi digital, saat ini menjadi bagian cukup penting. Mudah-mudahan kita bisa membuat expo global untuk Indonesia di akhir tahun ini,” kata dia.

Erick juga mengatakan, dalam membangun usaha tidak hanya sekadar produk yang sukses dibeli masyarakat, tapi juga berkelanjutan dan relevan dengan masanya. Maka dari itu pelaku usaha di sektor kreatif diharapkan mampu beradaptasi dengan kebutuhan masa kini.

“Produk yang sukses harus berkelanjutan dan relevan pada saat pandemi dan pasca pandemi yang akan berubah lagi kehidupannya. Walaupun pandemi penuh tantangan, saya mengajak pengusaha ekosistem MES untuk tidak hanya fokus mempertahankan bisnis tapi juga mengembangkannya,” ucap dia.

Erick berharap dengan dilangsungkannya pameran secara daring dapat memberikan petunjuk kepada para pelaku usaha tentang kebutuhan konsumen pada saat ini dan di masa depan. Dengan begitu pelaku usaha kreatif bisa beradaptasi dan menyesuaikan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, acara Eid Al Fitr Creative and Tourism Expo 2021 diharapkan mampu menggerakkan UMKM di sektor kreatif dan meningkatkan keterampilan pelaku usaha melaksanakan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Dengan kegatan ini diharapkan bisa mengerakkan UMKM , meningkatkan ketrampilan agar UMKM kita bisa melaksansakan bsinsisnya secara virtual. Mari kita hadirkan ekonomi yang berkeadilan, dimana dengan Expo ini, pemulihan ekonomi nasional bisa tereksekusi tepat saasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” kata dia.

Baca juga: Menteri Tjahjo Singgung soal Hukuman ASN yang Nekat Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com