Selama Larangan Mudik, KAI Layani 81.000 Penumpang Non-mudik

Kompas.com - 17/05/2021, 17:53 WIB
Penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (29/10/2020). KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5Penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (29/10/2020).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani perjalanan sebanyak 81.000 orang menggunakan KA Jarak Jauh selama penerapan aturan larangan mudik 6-17 Mei 2021.

KAI menyampaikan, 81.000 orang tersebut merupakan orang-orang yang dikecualikan dari larangan mudik. Orang-orang yang dikecualikan tersebut adalah orang yang memiliki kepentingan untuk bekerja, perjalanan dinas, mengunjungi keluarga sakit, kunjungan duka dikarenakan anggota keluarga meninggal, perjalanan ibu hamil, dan kepentingan non mudik lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah tersebut turun 83 persen dibanding jumlah pelanggan KA Jarak Jauh pada masa pengetatan pra mudik, 22 April hingga 5 Mei 2021, di mana KAI melayani rata-rata 36.000 pelanggan KA Jarak Jauh per hari.

"Seluruh pelanggan kami verifikasi berkas-berkasnya terlebih dahulu secara cermat dan teliti. Jika tidak lengkap maka tidak akan kami izinkan untuk berangkat," ujar Joni melalui siaran pers, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Mengenal COD dan Cara Komplain jika Barang Tidak Sesuai Pesanan

Joni mengatakan, selama periode 6-17 Mei 2021 terdapat total 5.140 calon penumpang yang ditolak berangkat dikarenakan berkas-berkas persyaratannya tidak sesuai.

Adapun rinciannya adalah, 4.323 orang tidak membawa surat izin perjalanan yang sesuai dan 817 orang tidak membawa berkas surat bebas Covid-19 yang berlaku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perjalanan KA Jarak Jauh pada masa peniadaan mudik dioperasikan untuk menyediakan konektivitas bagi orang-orang yang dikecualikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Pada masa peniadaan mudik KAI mengoperasikan 38 KA Jarak Jauh per hari. Seluruh operasional kereta api berjalan dengan lancar dan pelayanan baik di stasiun maupun kereta api juga berjalan tertib," ujar Joni.

Baca juga: 3.549 Orang Menyeberang ke Pulau Seribu Usai Masa Libur Lebaran



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.