[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Mengenalkan Huruf dan Angka kepada Anak Prasekolah | Ini Cara Mengetahui dan Mengasah Bakat Anak Sejak Dini | Menilai dan Merumuskan Definisi Variabel Penelitian

Kompas.com - 17/05/2021, 20:57 WIB
Ilustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya DONOT6_STUDIOIlustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya

KOMPASIANA---Mendidik seorang anak merupakan tanggung jawab para orangtua. Salah satunya adalah mengenalkan huruf dan angka.

Meski begitu, mengenalkan huruf dan angka kepada anak prasekolah bukan sesuatu yang bisa dikatakan mudah, tetapi juga bukan hal sulit.

Kreativitas orangtua dituntut dalam hal ini. Salah satu caranya ada dengan membuat sebuah kartu yang terbuat dari kertas berisikan huruf-huruf dan angka-angka.

Melalui kartu baca ini nantinya anak bisa bermain sambil belajar mengenal huruf dan angka.

Selain pembahasan mengenalkan huruf dan angka, ada juga seputar cara mengetahui dan mengasah bakat anak sejak dini, serta merumuskan definisi variabel penelitian.

Berikut konten-konten menarik dan populer kanal Edukasi di Kompasiana:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengenalkan Huruf dan Angka kepada Anak Prasekolah Melalui Kartu Baca

Kompasianer Tati Ajengsaidah membagikan kreasinya untuk mengenalkan huruf dan angka kepada anaknya.

Dia membuat sendiri semacam kartu dari kertas HVS yang kemudian ditempel di kertas karton bekas. Satu kartu ini terdiri dari satu huruf atau angka, sehingga lebih mudah untuk diperlihatkan kepada sang anak.

Dengan kartu baca ini, dia bisa mengenalkan huruf dan angka kepada anak sambil bermain. Belajarnya pun bisa di dalam rumah, di kamar atau di teras rumah, karena kartu ini cukup mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.