Bank Indonesia Tegaskan Tidak Pernah Blokir Transfer Uang ke Palestina

Kompas.com - 18/05/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) buka suara terkait pernyataan warganet yang menyebutkan adanya pemblokiran transfer dana menuju Palestina.

Pernyataan pemblokiran tersebut disampaikan oleh salah satu akun di twitter @Herriy Cahyadi di tengah ramainya aksi solidaritas terhadap Palestina.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menagaskan, tidak ada pemblokiran transfer dana yang dilakukan oleh bank sentral ke Palestina.

"Itu hoax. BI tidak pernah melakukan pemblokiran seperti itu," katanya kepada Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Dari Mana Hamas Mendapatkan Uang?

Lebih lanjut Erwin mengaku, dirinya juga pernah berpartisipasi dalam aksi solidaritas Palestina dengan menyumbangkan uangnya. Transfer uang pun dipastikan telah berhasil diterima oleh Kota Gaza.

Namun demikian, Erwin menyarankan kepada masyarakat untuk memperhatikan penyelenggara donasi aksi solidaritas Palestina. Pasalnya, tidak semua penggalang dana bersifat kredibel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada berita juga bahwa tidak semuanya (penyelenggara) kredibel," ujar dia.

Ia menjelaskan, pemblokiran dana bisa saja dilakukan oleh bank pelaksana apabila transaksi yang dilakukan terindikasi aksi pencucian uang ataupun pendanaan terorisme.

"Ada proses pengecekan know your customer termasuk transaksi yang mencurigakan, Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT). Tapi dari pihak BI tidak pernah melakukan pemblokiran," ucapnya.

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.