Kompas.com - 18/05/2021, 18:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengirimkan tim khusus ke Batam, Bintan dan Bali untuk mengawasi penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) di kawasan tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempersiapkan Batam, Bintan dan Bali sebagai tiga lokasi yang menjadi kandidat utama pembukaan perjalanan secara terbatas (travel bubble) yang ditargetkan mulai Juni 2021.

“Jadi kami mengirim tim khusus yang secara rutin melakukan monitoring di Batam, Bintan dan Bali untuk memastikan ada kesiapan dari 3 lokasi yang menjadi kandidat utama dari pembukaan travel bubble,” ungkap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Ada Moratorium Izin TKA, Kenapa Pekerja Asing Masih Masuk ke RI?

Sandiaga menyampaikan, rencana pembukaan perjalanan secara terbatas menunggu kesiapan Batam, Bintan dan Bali.

Sejauh ini, negara tetangga Malaysia dan Singapura tengah menjalani masa lockdown. Ini artinya, Indonesia perlu bersiap untuk meyakinkan diri sendiri dan wisatawan terkait keamanan pariwisata.

Sandiaga juga menambahkan pekan depan akan ada acara besar yang akan digelar di Bali. Acara besar tersebut diharapkan dapat menjadi latihan menggelar acara-acara lain untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun acara besar yang dimaksud adalah Musyawarah Nasional Kadin yang akan dilaksanakan di Nusa Dua Bali.

Sandiaga mengatakan, info yang dia peroleh ada lebih dari 2.000 kamar yang sudah dipesan.

“Saya mendapat laporan lebih dari 2.000 kamar yang sudah dipesan, dan Ini adalah perhelatan Musyawarah Nasional Pengusaha terbesar, Kadin. Ini merupakan latihan kita untuk menghandle event yang besar dengan melibatkan satu area yaitu Nusa Dua. Kita berharap dampak ekonominya akan sangat positif untuk Bali,” kata Sandiaga.

Baca juga: Libur Lebaran Usai, Jadwal Operasional MRT Jakarta Kembali Normal



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X