Jadi Presiden Grup GoTo, Ini Profil Patrick Cao

Kompas.com - 18/05/2021, 18:52 WIB
(ki-ka) Andre Soelistyo menjabat sebagai CEO Grup GoTo, Patrick Cao sebagai Presiden GoTo, Kevin Aluwi tetap menjabat CEO Gojek begitu pula dengan William Tanuwijaya yang tetap menjabat sebagai CEO Tokopedia. Kompas.com(ki-ka) Andre Soelistyo menjabat sebagai CEO Grup GoTo, Patrick Cao sebagai Presiden GoTo, Kevin Aluwi tetap menjabat CEO Gojek begitu pula dengan William Tanuwijaya yang tetap menjabat sebagai CEO Tokopedia.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Perusahaan layanan transportasi on demand Gojek dan e-commerce Tokopedia resmi merger atau melakukan penggabungan.

Entitas atau perusahaan hasil merger Gojek dan Tokopedia pun memiliki nama baru, yakni Grup GoTo.

Data manajemen menunjukkan, entitas gabungan ini memiliki total transaksi atau gross transaction value (GTV) sebesar 22 miliar dollar AS atau sekitar Rp 319 triliun pada 2020.

Selain itu, sepanjang tahun 2020 lalu, Grup GoTo juga tercatat memiliki 1,8 miliar transaksi, lebih dari 2 juta mitra driver tercatat, lebih dari 11 juta mitra usaha, serta lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Baca juga: Jadi CEO Grup GoTo, Ini Profil Andre Soelistyo

Perusahaan hasil merger, yakni Grup Goto, kini dipimpin oleh Andre Soelistyo sebagai CEO dan Patrick Cao sebagai Presiden Grup.

Entitas hasil merger kini dipimpin oleh Andre Soelistyo sebagai CEO Grup Goto, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden Grup GoTo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andre Soelistyo sebelumnya merupakan Co-CEO dari Gojek sementara Patrick Cao sebelumya menjabat sebagai Presiden Tokopedia.

Selain keduanya, ada pula Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Profil Patrick Cao

Sebelum menjabat posisi sebagai Presiden Grup GoTo, Patrick Cao telah menjabat sebagai Presiden Tokopedia sejak tahun 2016. Ia bertanggung jawab atas keuangan perusahaan di CFO Office, lini bisnis teknologi finansial tokopedia, serta kemitraan global.

Patrick Cao adalah seorang lulusan Master of Business Administration (MBA) di Tsinghuha University dan mendapatkan gelar sarjana atau Bachelor of Science in Business Administration di Carnegie Mellon University.

Baca juga: Bentuk Grup GoTo, Ini Kata Bos Gojek dan Tokopedia

Sebelum bergabung di Tokopedia, Patrick menjabat sebagai Principal di Formation 8, sebuah perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2011 lalu. Di perusahaan modal ventura tersebut, ia bertanggung jawab atas investasi di perusahaan teknologi yang berada di Asia.

Sebelunya, ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif di UBS Investment Bank. Ia bertanggung jawab atas kegiatan merger and acquisition serta penasihat pasar modal di sektor konsumen dan industri.

Terkait merger Gojek dan Tokopedia Patrick Cao mengungkapkan, kombinasi model bisnis kedua perusahaan akan dapat memperluas jenis layanan kepada masyarakat. Targetnya Grup GoTo berkontribusi lebih dari 2 persen pada total PDB Indonesia.

"Serta akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi," ucap dia.

Baca juga: Merger dengan Gojek, Tokopedia Tetap Gandeng OVO



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X