Kompas.com - 19/05/2021, 11:48 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021). dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Pertanyaan terkait proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung kapan selesai semakin mencuat usai proyek tersebut ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (18/5/2021) kemarin.

Jokowi memang sempat meninjau pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden setelah sebelumnya meninjau pelaksanaan vaksinasi gotong royong di Kawasan Industri di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Negara itu datang langsung ke lokasi proyek yang dikelola PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini untuk melihat dan mendengarkan secara langsung perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terkini.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tambah Satu Stasiun, Dipantau Ketat Luhut

Dalam keterangan resmi PT KCIC, Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, menjelaskan bahwa progres proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai angka 73,48 persen.

Dari capaian itu setidaknya bisa dilihat gambaran ke depan untuk menjawab pertanyaan terkait proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung kapan selesai. Chandra memaparkan bahwa saat ini proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandungn akan memasuki tahap kesiapan operasi.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke lokasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri diawali dengan meninjau Casting Yard #1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Titik tersebut merupakan satu dari tiga temporary facility yang mendukung produksi dan distribusi girder box penyusun struktur trase atau jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dilanjutkan Sampai Bandara Kertajati

Kedatangan Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok Xiao Qian, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Casting Yard #1 yang dikunjungi Presiden Jokowi memiliki luas 165.500 m2 – dan memproduksi total 1.018 unit box girder yang didistribusikan ke sepanjang jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung di area Jakarta – Karawang.

Jokowi juga sempat melakukan video conference secara daring untuk mendapatkan laporan terkait perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Section Stasiun Halim, Section Tunnel #6 DK 88, dan Section Track Laying Base DK 145 oleh penanggung jawab proyek di masing-masing Section.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.