Erick Thohir Ingin Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Dilanjutkan hingga Surabaya

Kompas.com - 19/05/2021, 13:15 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021). Dok. Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa dilanjutkan hingga ke Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Erick di akun Instagram pribadinya @erickthohir yang dikutip Kompas.com pada Rabu (19/5/2021).

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, kita berharap dari pembangunan kereta cepat (Jakarta-Bandung) ini, ada transfer teknologi untuk SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu. Dan ke depan, diharapkan kereta cepat bisa diteruskan hingga Surabaya," tulis mantan bos Inter Milan itu.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kapan Selesai?

Pendiri Mahaka Media itu menambahkan, saat ini progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 73 persen.

Hal itu diketahui setelah dirinya bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proyek tersebut pada Selasa (18/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Proses pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 73 persen dan insya Allah akan masuk tahap uji coba di akhir tahun 2022," kata Erick.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo ingin agar Kereta Cepat Jakarta-Bandung kelak terintegrasi dengan light rail transit (LRT) dan mass rapid transit (MRT) di DKI Jakarta. Saat ini, proyek pembangunan kereta cepat masih dalam pengerjaan.

Baca juga: Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dilanjutkan Sampai Bandara Kertajati

"Saya berharap kereta cepat ini nanti bisa terintegrasi dengan LRT di Jakarta, dengan MRT di Jakarta, sehingga ada sebuah efisiensi waktu," kata Jokowi saat meninjau Tunnel #1 Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Jokowi juga berharap keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan meningkatkan daya saing Indonesia di dunia internasional.

Adapun hingga kini perkembangan proyek pembangunan telah mencapai 73 persen. Jokowi mengatakan, persiapan operasionalisasi kereta akan dimulai tahun depan.

Sementara itu, uji coba kereta ditargetkan digelar pada akhir 2022.

"Diharapkan nanti di akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan. Dan tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasi, operasional," ujarnya.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tambah Satu Stasiun, Dipantau Ketat Luhut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.