KILAS

Berikan Pengalaman Pelanggan Terbaik, PGN Fokus Bangun Sistem Digital

Kompas.com - 19/05/2021, 15:04 WIB
Ilustrasi pegawai PGN yang memanfaatkan sistem digital. DOK. Humas PGNIlustrasi pegawai PGN yang memanfaatkan sistem digital.

 KOMPAS.com – Direktur Sales dan Operasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Faris Aziz mengatakan, pihaknya akan akan lebih fokus pada customer experience atau pengalaman pelanggan dengan membangun sistem digital pada 2021.

Dia mengatakan, langkah itu merupakan komitmen PGN untuk memberikan pengalaman pelanggan yang semakin baik akan kemudahan dalam menggunakan gas bumi.

Maka dari itu, PGN melakukan berbagai inisiatif untuk tetap relevan dengan para pelanggan, pasar, dan proses bisnis internal melalui transformasi digital dengan pengalaman pelanggan.

“Transformasi digital sangatlah penting, karena kita tidak bisa membangun digital berdasarkan apa yang kita ketahui. Tetapi apa yang berdasarkan pengalaman pelanggan terhadap program kita,” ujarnya, Kamis (19/05/21).

Faris menerangkan, PGN telah melakukan transformasi digital secara cepat. Pada 2019, tren PGN lebih fokus ke customer centric, kemudian kini bergeser ke customer experience mulai 2021.

Baca juga: Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas, PGN Terapkan Sipgas dan Utamakan Safety

Sebagai contoh, PGN merespons pandemi dengan mendorong penggunaan teknologi, seperti meningkatkan desain laman PGN agar lebih fungsional dalam hal customer experience optimization.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman tersebut pun memiliki fitur simulasi biaya energi gas bumi, informasi tagihan gas, technical service request, informasi kemitraan, co-branding product PGN, dan response time PGN contact center, yaitu kurang dari delapan jam.

PGN Contact Center kini siap melayani pelanggan selama 24 jam. Selain kendala atau keluhan, PGN juga terbuka terhadap pelanggan yang ingin menyampaikan kritik dan masukan tentang produk maupun layanan PGN agar kinerja kedepannya dapat lebih baik lagi.

Teknologi yang dikeluarkan PGN

Secara historis, PGN telah memiliki aplikasi PGN Register pada 2015 untuk memudahkan pelanggan melakukan registrasi berlangganan gas.

Baca juga: Apresiasi Pelanggan Industri Kecil, PGN Gandeng Tokopedia Hadirkan Event Dapur GasKita

Aplikasi itu dikembangkan lebih jauh dengan merilis  PGN Mobile pada 2016 yang dapat diunduh di PlayStore dan Apple Store. Saat ini, PGN Mobile telah aktif digunakan lebih dari 50.000 pelanggan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.