Soal Dana Hibah Rp 3,7 Triliun, Sandiaga Uno Temui Asosiasi Industri Parekraf

Kompas.com - 19/05/2021, 21:09 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sanfdiaga Uno mengusulkan anggaran dana hibah pariwisata tahun 2021 ini, sebesar Rp 3,7 triliun untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terkait hal ini, Sandiaga siang ini menggelar rapat dengan asosiasi-asosiasi yang bergerak di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran kepada usaha-usaha pariwisata, restoran dan biro perjalanan wisata.

“Kami menggandeng seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam memulihkan kembali ekonomi, memastikan agar program-program di Kemenparekraf dapat tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan di masa sulit ini,” kata Sandiaga melalui Instagram, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Biro Perjalanan Wisata Bakal Dapat Dana Hibah Pariwisata

Sebelumnya Sandiaga mengungkapkan, realisasi dana hibah diharapkan mampu menyentuh semua lapisan. Salah satunya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

“Sektor pariwisata Bali sangat tertekan akibat pandemi Covid-19. Kami ingin sektor ini segera bangkit dan pulih sehingga terciptanya ekonomi yang berkeadilan. Masa eksekusi program hibah pariwisata, kita pastikan bisa menyentuh masyrarakat yang benar-benar membutuhkan,” ungkap Sandiaga kemarin.

Di tahun pertama pandemi, Kemenparekraf merespon cepat dengan program Dana Hibah Pariwisata sebesar Rp 2,2 triliun kepada 6.730 hotel dan 7.630 restoran. Tahun ini dana hibah pariwisata jumlahnya lebih tinggi karena penyaluran diperluas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“(Tahun lalu) all out mendukung pemulihan industri hotel, restoran serta daerah pariwisata yang terdampak. Tahun 2021 mengusulkan Rp 3,3 triliun dan ini meningkat karena akan diperluas (penyalurannya) termasuk hotel, restoran, dan penyelenggara pariwista,” tegas dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Bakal Kucurkan Dana Hibah Rp 3,7 Triliun Dalam Waktu Dekat



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X