Pengeluaran Rokok Orang RI Lebih Besar daripada Beli Beras

Kompas.com - 20/05/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi rokok. SHUTTERSTOCKIlustrasi rokok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pengeluaran konsumsi per kapita dalam sebulan penduduk Indonesia sepanjang tahun 2020.

Menurut survei BPS, rata-rata pengeluaran per kapita orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke selama sebulan adalah sebesar Rp 1.225.685.

Data pengeluaran tersebut berasal dari Susenas 2020. Yang menarik, pengeluaran uang untuk membeli rokok dan produk tembakau lainnya lebih besar daripada belanja untuk makanan pokok, dalam hal ini beras.

BPS mencatat, pengeluaran rokok dan tembakau sebesar 5,99 persen dari seluruh pengeluaran bulanan. Sementara untuk belanja beras yakni sebesar 5,45 persen.

Baca juga: Sosok 2 Konglomerat Terkaya Indonesia dari Jualan Rokok

Pengeluaran terbesar orang Indonesia adalah untuk keperluan rumah dan alat-alat serta fasilitas rumah tangga sebesar 25,19 persen.

Pengeluaran tertinggi berikutnya adalah pembelian aneka barang dan jasa sebesar 12,42 persen, lalu makanan dan minuman jadi 16,87 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisanya yakni pengeluaran uang untuk membeli sayur mayur sebesar 3,7 persen dan buah-buahan sebesar 2,46 persen.

BPS juga merilis data pengeluaran kebutuhan pangan antara wilayah perdesaan dan perkotaan. Untuk nasional, pengeluaran pangan tercatat sebesar 49,22 persen.

Orang yang tinggal di desa rata-rata melakukan pengeluaran pangan lebih besar yakni sebesar 55,49 persen, lebih kecil dari masyarakat perkotaan yang pengeluaran pangannya sebesar 46,05 persen.

Baca juga: Ini 7 Orang Terkaya Indonesia dari Bisnis Kayu

Data tersebut juga menunjukan pola makan sayur dan buah masyarakat Indonesia. Kata BPS, orang Indonesia relatif kurang makan makanan bergizi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.