Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka? Ini Kisi-kisi dari PMO

Kompas.com - 20/05/2021, 16:31 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 akan dibuka sebentar lagi. Pasalnya, batas waktu pengambilan pelatihan pertama untuk gelombang terakhir, yakni gelombang 16 sudah berakhir.

Manajemen Kartu Prakerja mengungkap, pendaftaran untuk gelombang 17 bakal dibuka setelah menghitung kuota pendaftar yang tidak mengambil pelatihan hingga berakhirnya batas waktu yang ditentukan.

Project Manajemen Office (PMO) mengungkap, setidaknya Kartu Prakerja gelombang 17 akan dibuka pada semester I 2021, antara bulan Mei hingga Juni 2021. Sebab, pemerintah meminta manajemen untuk menggelontorkan dana Kartu Prakerja Rp 10 triliun di semester I 2021.

Baca juga: Pencairan Insentif Kartu Prakerja Dihentikan Sementara, Kapan Dilanjutkan Lagi?

"Tunggu saja pengumumannya, tapi karena memang mandatnya Rp 10 triliun pertama harus selesai di semester I, jadi pasti (pembukaan gelombang 17) kita lakukan di semester I," kata Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam pemaparan hasil survei persepsi penerima Kartu Prakerja, Kamis (20/5/2021).

Adapun untuk kuotanya, PMO akan membuka pendaftaran untuk sekitar 44.000 orang di gelombang 17 nanti. Kuota tersebut berasal dari peserta gelombang ke 12-16 yang dicabut kepesertaannya.

Denni bilang, tambahan kuota Kartu Prakerja akan menunggu arahan dari pemerintah. Sebab, adanya tambahan kuota berarti harus ada tambahan anggaran untuk pelaksanaannya.

Sejauh ini, pemerintah sudah menganggarkan dana untuk program Kartu Prakerja sebesar Rp 20 triliun, yang digelontorkan untuk 2 semester masing-masing Rp 10 triliun.

"Kami (hanya) manajemen, jadi kami hanya menunggu keputusan dari pemerintah. Kalau pemerintah mengatakan perlu ditambah lagi anggaran untuk membantu masyarakat lebih banyak, kami siap. Intinya gitu," papar Denni.

Pembukaan Kartu Prakerja pada semester II nanti pun masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah.

Baca juga: Ragam Cerita Penerima Kartu Prakerja, Dapat Uang dan Bekal Kerja Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com