Kunjungi Pengrajin di Yogyakarta, Sandiaga Uno Dorong Pelaku Kreatif Go Digital

Kompas.com - 20/05/2021, 18:43 WIB
saat Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur NTB berenang di Gili Trawangan Humas Menparekrafsaat Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur NTB berenang di Gili Trawangan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi beberapa lokasi ekonomi kreatif di Yogyakarta, Kamis (20/5/2021). Dalam kunjungannya ia mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk go digital.

Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, dalam kesempatan ini Sandiaga melalui Kemenparekraf memberikan pelatihan peningkatan keterampilan, utamanya di kawasan Kotagede sebagai salah satu lokasi pembuatan kriya melalui pemanfaatan teknologi dan digital.

“Dari pelatihan ini saya harapkan para pelaku ekonomi kreatif memiliki kemampuan untuk membangun branding di dunia digital, mengembangkan pemasaran secara digital, mendatangkan penjualan bukan hanya offline tetapi juga online,” ungkap Sandiaga seperti dilansir dari Instagramnya.

Baca juga: Soal Dana Hibah Rp 3,7 Triliun, Sandiaga Uno Temui Asosiasi Industri Parekraf

Sandiaga mengatakan, kriya atau kerajinan tangan memiliki kontribusi besar ke dalam PDB sebesar 14,9 persen dengan nilai ekspor 6,4 miliar dollar AS. Hingga saat ini terdapat 700.000 unit usaha kriya dan telah menciptakan lapangan kerja bagi 1,32 juta.

Dalam kunjungannya ke lokasi usaha kerajinan perak Salim Silver, di Kebonan, Kotagede, Yogyakarta, Sandiaga mengungkapkan keinginannya untuk kembali memulihkan sektor parekraf.

“Saya bertemu langsung dengan sang pemiliknya, Mas Priyo Salim. Saya ingin kita gercep, geber, gaspol dalam mengakselerasi pemulihan di tengah tantangan pandemi,” ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga juga mengatakan, Kemenparekraf terus mendukung pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor kriya atau kerajinan tangan untuk Go Digital. Apalagi, sektor tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar negeri.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.