[KURASI KOMPASIANA] Generasi Zaman Now: Malas Baca tapi Doyan Nonton | Paradoks Literasi Membaca Generasi Kota dan Desa | Tip dan Pentingnya Memilih Buku Anak Sesuai Rating Usia

Kompas.com - 20/05/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi membacakan buku KatarzynaBialasiewiczIlustrasi membacakan buku

KOMPASIANA---Persoalan minat membaca masih menyelimuti bangsa ini, terutama pada anak generasi zaman sekarang.

Kemajuan teknologi, alih-alih meningkatkan minat baca masyarakat, justru semakin menenggelamkan. Pasalnya mereka lebih gemar menonton.

Tidak salah dengan menonton. Hanya saja, sebenarnya, Aktivitas membaca tidak boleh dianggap remeh, bahkan tidak bisa tergantikan dengan apapun hingga saat ini. Karena dengan mambaca maka otak manusia menjadi bekerja dan akan berfungsi lebih baik.

Banyak negara di dunia di kategorikan sudah maju karena masyarakatnya memiliki budaya membaca yang sangat tinggi. Itu sebabnya, kemajuan pendidikan sebuah negara diukur oleh salah satunya minat baca.

Selain mengenai minat baca, ada juga mengenai perbedaan literasi membaca di kota dan desa serta pentingnya memilih buku anak sesuai usia.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana seputar minat baca:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Generasi Zaman Now: Malas Membaca tapi Doyan Nonton

Kompasianer Yupiter Gulo berpendapat, saat ini kebanyakan masyarakat lebih senang menonton ketimbang membaca. Terlebih didorong oleh kemajuan teknologi.

Menurut dia, orang lebih suka menonton apa saja yang ada di dalam gawainya, dengan beragam media sosial yang menyajikan berbagai macam tayangan.

"Efeknya dipastikan jauh lebih dahsyat menurunkan kemauan membaca, karena dengan gawai atau HP masing-masing, bisa melakukannya sepanjang waktu, nyaris selama 24 jam tanpa mengenal tempat, waktu dan apa saja," tulisnya. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.