Sotfbank Suntik Dana 60 Juta Dollar AS ke Axiata Group

Kompas.com - 21/05/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - SoftBank berinvestasi di perusahaan digital milik Axiata Group, ADA sebesar 60 juta dollar AS. Tujuannya adalah memperluas dan mempercepat bisnis pemasaran digital berbasis data milik ADA di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Seiring dengan investasi ini, SoftBank akan memiliki 23,07 persen kepemilikan saham di ADA. Axiata Digital Services akan tetap menjadi pemegang saham terbesar di ADA dengan porsi 63,47 persen.

President & Group Chief Executive Officer Axiata, Dato Izzaddin Idris mengatakan, menyambut baik SoftBank sebagai mitra bisnis dan pemegang saham di ADA.

Baca juga: Investasi Softbank Bikin Pendiri Aplikasi Pesan Antar Ini Jadi Miliarder Muda

"Bersama Sumitomo yang juga telah bermitra dengan ADA, kami mengharapkan kerja sama strategis ini dapat mendorong momentum pertumbuhan ADA dengan terbukanya peluang-peluang sinergis yang akan mewujudkan ambisi Digital Champion kami," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut kata dia, saat ini, semakin banyak brand di Asia yang beralih ke analisis data dan artificial intelligence (AI).

Dengan adanya peningkatan bisnis dan modal ini, ADA akan mengembangkan model-model AI untuk penargetan yang presisi, berinvestasi pada analisis konten, serta membangun platform data untuk memberikan insights dan juga membantu pelaku bisnis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief Executive Officer ADA Srinivas Gattamneni menambahkan, norma baru pasca Covid-19 saat ini adalah ekonomi digital, yang telah berhasil dibangun oleh ADA. Ia pun menyambut atas suntikkan dana yang dialirkan SoftBank ke ADA.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan SoftBank, yang dapat membantu kami menjalani fase pertumbuhan berikutnya. Kerja sama dengan SoftBank tentunya akan semakin mendorong solusi bisnis kami untuk dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi para pelanggan," tuturnya.

Baca juga: XL Axiata Tebar Dividen Rp 339,4 Miliar

Dalam kesempatan itu, Representative Director & Chairman SoftBank Corp., Ken Miyauchi menuturkan, sejak SotfBank memasuki pasar modal di tahun 2018, telah menerapkan strategi pertumbuhan beyond carrier (di luar operator) dengan melebarkan sayap ke area-area bisnis baru, selain dari bisnis telekomunikasi.

"Kerja sama yang kami lakukan dengan ADA menandai tema baru dalam strategi pertumbuhan bisnis yang kami miliki, yang memungkinkan untuk memperluas bisnis pemasaran digital di luar Jepang, dengan memanfaatkan kehadiran ADA di Asia sebagai perusahaan data dan AI terkemuka. Kami sangat antusias dengan kerja sama ini karena dapat membantu percepatan transformasi digital bagi bisnis-bisnis di Asia-Pasifik," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X