KILAS

Layanan TelkomGroup di Jayapura Sudah Beroperasi Kembali

Kompas.com - 21/05/2021, 10:59 WIB
Masyarakat di Jayapura sedang menggunakan layanan WiFi.id di Wifi Corner Telkom Abepura. DOK. Humas TelkomMasyarakat di Jayapura sedang menggunakan layanan WiFi.id di Wifi Corner Telkom Abepura.

KOMPAS.com – Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Pujo Pramono mengatakan, seluruh layanan TelkomGroup sudah dapat digunakan pelanggan di Jayapura secara prioritas.

Adapun langkah tersebut dilakukan sebagai upaya dalam percepatan pemulihan layanan di Jayapura guna memastikan pelanggan dapat kembali menggunakan layanan TelkomGroup dengan nyaman.

“Dengan begitu masyarakat Jayapura dan sekitarnya sudah dapat beraktivitas kembali dengan menggunakan akses internet dari TelkomGroup," ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (21/5/2021).

Pujo menjelaskan, layanan TelkomGroup yang sudah aktif kembali di Jayapura meliputi layanan suara dan data Telkomsel, IP VPN dengan bandwidth 70 Megabits per second (Mbps) serta layanan Astinet untuk pelanggan korporasi, dan pemerintahan dengan total bandwidth hingga 149 Mbps.

Baca juga: Layanan TelkomGroup di NTT Kembali Berangsur-angsur Normal

“Adapun instansi layanan publik yang juga sudah aktif di antaranya rumah sakit (rs), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Papua, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sekolah dan kampus serta instansi lainnya,” ucapnya di Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, lanjut dia, untuk layanan triple play IndiHome juga telah dapat digunakan. Bahkan layanan IndiHome TV pun sudah dapat dinikmati pelanggan dengan menyajikan live TV 16 channel.

Tak hanya itu, Pujo menyatakan, layanan WiFi.id yang terpasang di sepuluh lokasi Wifi Corner di Jayapura sudah dapat digunakan masyarakat.

“Khusus untuk Wifi Corner di Kandatel Sentani, Kandatel Abepura, Telkom STO 1 Jayapura dan Telkom BaseG dapat diakses secara gratis oleh masyarakat. Bahkan Telkom juga menyediakan media center untuk para jurnalis di Kantor Witel Papua,” imbuhnya.

Baca juga: Bantu Wujudkan Visi Indonesia Maju, Telkom Targetkan 50 WiFi Corner di Papua

Untuk diketahui, ketersediaan layanan TelkomGroup di Jayapura saat ini didukung bandwidth dengan kapasitas hingga 4,7 Gigabits per second (Gbps) melalui dukungan link satelit 2.662 Mbps, radio long haul Palapa Ring Timur 500 Mbps, dan radio long haul Sarmi-Biak 1.600 Mbps.

Meski demikian, Pujo mengaku, perbaikan akan terus dilakukan sembari menunggu penyelesaian proses penyambungan kabel bawah laut yang terputus dengan menggunakan kapal khusus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.