Ekspor Ikan di Semarang Tembus Rp 323 Miliar, Tertinggi Sepanjang 2021

Kompas.com - 21/05/2021, 15:07 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ekspor produk kelautan dan perikanan dari Semarang, Jawa Tengah mengalami peningkatan. Nilai ekspor sepanjang April 2021 mencapai Rp 323 miliar.

Angkanya meningkat secara bulanan (month to month/mtm) dari Rp 260 miliar di bulan Maret 2021.

Ekspor selama April menjadi yang tertinggi selama 4 bulan kuartal pertama 2021. Pada Januari, ekspor hanya mencapai 3.914 ton, Februari sempat turun menjadi 2.850 ton, dan meningkat kembali pada bulan Maret 2021 sebesar 3.231 ton.

Baca juga: KKP Izinkan Kapal Ikan Eks Asing Beroperasi di Laut RI, Begini Ketentuannya

"Ini bukti bahwa kita terus bergerak dan memberikan pelayanan optimal di tengah pandemi dan bulan ramadan kemarin," kata Kepala Balai KIPM Semarang, Raden Gatot Perdana dalam siaran pers Jumat (21/5/2021).

Gatot menuturkan, peningkatan nilai ekspor terjadi karena ada peningkatan dari sisi volume. Ekspor pada bulan April 2021 ini menyentuh angka 4.305 ton dibanding Maret yang sebesar. 3.231 ton.

Sepanjang April, Balai KIPM Semarang menerbitkan 423 health certificate (HC), lebih tinggi dibanding Maret yang mencapai 380 HC. Produk-produk tersebut dikirim ke 19 negara tujuan.

"Ada 47 komoditas yang dikirim ke 19 negara tujuan," sambung Gatot.

Adapun lima besar komoditas yang menjadi favorit ekspor antara lain, surimi, cumi-cumi, udang, layur, dan daging rajungan.

China menjadi pasar utama produk perikanan dari Jawa Tengah dengan 1.514 ton, disusul Jepang 610 ton, Korea Selatan 448 ton, Malaysia 402 ton, dan Amerika Serikat 368 ton.

"Melihat tren ini, kita optimis sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi penggerak perekonomian Jawa Tengah. Semoga tren ini terus berlanjut," tutup Gatot.

Baca juga: Bukan Hanya Ikan, Komoditas Ini Juga Sering Dicuri Kapal Vietnam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.