Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sebut Startup Indonesia Masih Berpotensi Tumbuh

Kompas.com - 21/05/2021, 16:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, masih ada peluang yang cukup besar bagi startup untuk berkembang.

Sejak 2020, perkembangan startup sempat mengalami hambatan akibat pendemi Covid-19. Hal itu membuat jumlah perusahaan rintisan tersebut berkurang

“Sebanarnya, data dari tahun 2019, angka startup di Indonesia agak menurun ya. Tapi sekarang, kita perlu memperhatikan agar selamat dari dampak pandemi ini, usaha tumbuh dan melihat intensi market itu apa,” kata Boni secara virtual, Jumat (21/5/2021).

Boni meyakini, bisnis startup memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia/. Sebab ia mengatakan, berdasarkan jurnal penelitian, kemajuan negara bergantung dari jumlah entrepreneur yang dimiliki.

Baca juga: Lindungi UMKM Lokal, Shopee Batasi Penjual Asing

Namun ucap dia, jumlah entrepreneur di Indonesia masih sedikit di bandingkan dengan Ameika Serikat, India, dan Kanada.

“Tapi kita melihat di antara entrepreneur itu, salah satu faktor utama adalah dengan membangkitkan industrinya khususnya startup,” ucap dia.

Ia menyebut bebeapa faktor yang menjadi tantangan bagi startup saat ini yakni cara startup berkembang, pendanaan, dan kesadaran masyarakat.

Kemkominfo kata dia, akan terus mendorong startup untuk mengembangkan usahanya secara mandiri.

“Ini yang harus kita perhatikan agar kedepannya kita bisa terus tumbuh. Kami dari regulator juga harus memberikan ekosistem yang baik dan nyaman untuk startup,” kata dia.

Baca juga: BP Tapera Tawarkan KPR untuk ASN, Ini Skema dan Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com