Karyawan yang Pilih Pensiun Dini Bisa Direkrut Garuda Indonesia Lagi?

Kompas.com - 21/05/2021, 19:36 WIB
Seragam awak kabin Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana. Desain ini kembali dihadirkan pada perayaan HUT ke-72 Garuda Indonesia, Selasa (26/01/2021). DOK IKAT INDONESIASeragam awak kabin Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana. Desain ini kembali dihadirkan pada perayaan HUT ke-72 Garuda Indonesia, Selasa (26/01/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) Muzaeni mengatakan, program pensiun dini yang ditawarkan kepada karyawan merupakan tindaklanjut dari putusan bersama manajemen perusahaan dan serikat perkeja untuk tak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Hal itu mengingat kondisi keuangan perusahaan yang terus memburuk seiring masih berlanjutnya pandemi Covid-19, sehingga Garuda Indonesia pun berencana melakukan restrukturisasi perusahaan.

"Silakan saja restrukturisasi total karena ini memang untuk penyelamatan perusahaan dan kelangsungan hidup karyawan, tapi kami meminta kepada manajemen untuk tidak ada PHK sepihak. Pensiun dini ditawarkan karena ini yang sesuai dengan yang kita perjanjikan bersama antara karyawan dan perusahaan," ujar Muzaeni kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Karyawan Ungkap Alasan Garuda Indonesia Tawarkan Pensiun Dini

Di sisi lain, perusahaan pun bersepakat kepada serikat pekerja, bagi karyawan muda yang telah memilih pensiun dini, tetap berpotensi direkrut kembali oleh Garuda Indonesia saat kondisi perusahaan sudah stabil lagi.

Ia bilang, kesepakan itu memang tak secara tertulis, melainkan bersifat gentleman's agreement yakni kesepakatan yang didasarkan pada kepercayaan antara kedua pihak.

"Untuk yang berusia muda nanti kalau ada rebound, perbaikan kondisi perusahaan, akan dipanggil lagi. Mereka diutamakan daripada rekrut pegawai baru. Ini kayak semacam ," ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Muzaeni penawaran pensiun dini dikabarkan langsung oleh jajaran direksi perusahaan kepada karyawan melalui pertemuan virtual pada Rabu (19/5/2021). Penawaran ini pun berlaku untuk semua karyawan Garuda Indonesia.

Dalam pertemuan itu manajemen perusahaan menjelaskan kondisi terkini keuangan maskapai pelat merah tersebut yang terus tertekan hingga akhirnya memutuskan untuk menawarkan pensiun dini.

Setelah pertemuan virtual tersebut detil penawaran pensiun dini disampaikan manajemen perusahaan melalui e-mail kepada setiap karyawan. Surat daring itu menjelaskan hak-hak yang akan didapatkan bagi karyawan yang memilih pensiun dini.

Baca juga: Garuda Buka Rental Simulator Pesawat, Berapa Tarifnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.