Risau Peternak Lokal dengan Serbuan Impor Ayam dari Negeri Samba

Kompas.com - 22/05/2021, 08:01 WIB
Peternak ayam layer petelur Peternak ayam layer petelurPeternak ayam layer petelur

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pelaku usaha perunggasan di dalam negeri merisaukan dengan rencana importasi daging ayam asal Brasil. Kedatangan ayam impor bakal membuat peternak lokal semakin babak belur.

Salah seorang peternak asal Kabupaten Bogor, Febroni Purba, berujar kondisi peternak ayam tengah dalam kondisi serba sulit. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, selain harga daging yang seringkali anjlok, peternak juga tertekan karena mahalnya harga pakan dan anak ayam (DOC).

"Kondisi peternak saat ini benar-benar diujung tanduk. Ada sejumlah faktor yang membuat peternak mengalami kesulitan. Pertama, harga pakan mengalami kenaikan," ungkap Febroni kepada Kompas.com, Sabtu (22/5/2021).

Ia bilang, sejak akhir tahun lalu atau puncak meluasnya pandemi Covid-19, bahan baku ternak rata-rata naik lebih dari 30 persen. Kondisi ini sebenarnya tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga secara global.

Baca juga: Jeritan Peternak: Harga Telur Anjlok Parah Saat Biaya Pakan Meroket

Ditambah lagi, peternak Indonesia sebagian besar masih berbudidaya secara tradisional, baik peternak mandiri maupun peternak kemitraan.

"Kedua, sebagian besar peternak kita melakukan pemeliharaan masih dengan cara tradisional. Sementara perusahaan-perusahaan besar memelihara dengan teknologi mutakhir, penggunaan kandang tertutup lengkap dengan sistem otomatis seperti pemberian minum dan pakan, pengaturan suhu, pendeteksi penyakit dan sebagainya," kata Febroni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya memprediksikan peternak-peternak mandiri akan hilang jika tidak melakukan terobosan baru," kata dia lagi.

Dengan kondisi serba sulit seperti sekarang, masuknya daging ayam beku asal Negeri Samba dikhawatirkan akan membuat harga karkas semakin tak menentu.

Baca juga: Dilarang Dijual di Warung, Apa Itu Telur Infertil?

Tak hanya peternak ayam ras, impor daging ayam Brasil juga akan berdampak pada peternak ayam layer atau petelur, mengingat bertambahnya suplai daging ayam bakal memicu anjloknya harga ayam afkir. 

"Adanya rencana Brasil impor ayam ras ke Indonesia perlu kita tanggapi secara bijak. Perlu diketahui bahwa pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pencegahan impor ayam Brasil sejak tiga tahun tahun yang lalu," kata Febroni.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.