Perangi Covid-19, IMF Sebut Dunia Butuh Dana Rp 715 Triliun

Kompas.com - 22/05/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi Covid-19

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut, dunia membutuhkan 50 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 715 triliun (kurs Rp 14.300) untuk mempercepat vaksinasi yang menghentikan Covid-19 secara global.

Lembaga internasional ini memperkirakan, dana sebanyak itu akan menghasilkan pengembalian 9 triliun dollar AS pada ekonomi global.

IMF menyerukan, setidaknya 40 persen dari populasi global harus divaksinasi pada akhir tahun ini. Kemudian 60 persennya akan selesai pada Juni 2022.

Adapun saat ini, hanya 9,5 persen populasi global yang sudah menerima setidaknya 1 dosis vaksin. Vaksin Covid-19 biasanya diberikan sebanyak 2 dosis per orang dengan jeda waktu.

Baca juga: IMF Revisi ke Bawah Pertumbuhan Ekonomi RI, Ini Komentar Sri Mulyani

"Tidak ada negara yang dapat kembali normal sampai semua negara dapat mengalahkan pandemi," kata IMF dalam laporan terbarunya berjudul "Proposal untuk mengakhiri pandemi Covid-19," mengutip CNBC, Sabtu (22/5/2021).

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, IMF menyarankan dunia untuk menginvestasikan 50 miliar dollar AS lagi yang akan mendukung program vaksinasi global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dana tambahan ini akan digunakan untuk meningkatkan cakupan vaksin COVAX hingga 30 persen di seluruh dunia, mengadakan tes tambahan, dan memperluas kapasitas produksi vaksin.

Bagaimana cara mendapat dananya?

IMF menyarankan, setidaknya 35 miliar dollar AS berasal dari donor publik baik pihak swasta maupun multilateral. Kemudian sisa anggaran berasal dari pemerintah yang didukung oleh lembaga multilateral.

Lembaga mengatakan, dana 15 miliar dollar AS untuk penanganan Covid-19 sudah tersedia di beberapa lembaga, seperti Bank Dunia (World Bank) dan Bank Pembangunan Asia (ADB).

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.