Mengintip Strategi Pengusaha Kopi Kekinian Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 22/05/2021, 14:14 WIB
Elisa Suteja, Co-Founder Fore Coffee saat memberikan kata sambutan di Jakarta, Rabu (20/11/2019). KOMPAS.com/ELSA CATRIANAElisa Suteja, Co-Founder Fore Coffee saat memberikan kata sambutan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat beragam usaha tergerus bisnisnya. Untuk tetap bertahan berbagai strategi pun dilakukan para pelaku usaha.

Begitupun dengan usaha kopi kekinian yang ikut terimbas pandemi. Salah satunya adalah Fore Coffee.

Co-Founder Fore Coffee Elisa Suteja menceritakan bahwa usaha kopinya cukup terdampak pandemi.  Mayoritas outletnya yang berlokasi di perkantoran hingga mal terpaksa ditutup karena adanya pemberlakukan PSBB oleh pemerintah.

Baca juga: Segini Perkiraan Modal Awal Untuk Franchise Kopi Janji Jiwa

Sehingga omzet Fore Coffee pun juga ikut turun sebesar lebih dari 50 persen.

"Karena memang outlet kita banyak yang di perkantoran dan mal, kemarin kan sempat ditutup, itu yang membuat kami cukup fight dan omzet turun lebih dari 50 persen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Melihat kondisi tersebut akhirnya Elisa bersama dengan tim lainnya mengubah strategi penjualan mereka dengan berbagai cara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya adalah dengan menciptakan program baru Hore Coffe yaitu program yang dibuka untuk konsumen Fore Coffe menjadi reseller dan menjual produk kopi dalam bentuk literan.

Elisa menjelaskan, melalui program tersebut berbagai keuntungan bisa didapatkan oleh reseller. Misalnya, untuk transaksi di bawah 4 botol akan mendapatkan diskon hingga 20 persen. Sedangkan transaksi di atas atau sama dengan 4 botol akan mendapat potongan harga hingga 30 persen.

Selain itu, ada juga berbagai bonus tambahan baik secara mingguan maupun bulanan. Misalnya saja jika berhasil menjual 50 botol dalam 1 minggu, akan mendapatkan 5 voucher gratis 1 botol.

Elisa mengaku dengan adanya program tersebut membuat penjualan Fore pun ikut terdongkrak.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Startup, Kecepatan adalah Kunci

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.