Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Seni Menyendiri dan Penting untuk Meluangkannya

Kompas.com - 23/05/2021, 11:41 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA----Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kesepian. Bahkan, meski berada di tempat yang ramai sekali pun.

Namun perlu diingat, ketika rasa kesepian itu terus melanda dalam jangka waktu yang panjang, tentu perlu segera diatasi karena dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, baik itu fisik maupun mental.

Oleh karenanya, agar kesepian tidak terjadi berlarut-larut, berikut Kompasiana telah merangkum 3 konten terkait seni menyendiri tapi tidak kesepian hingga cara memahami jenis kesendirian dan cara mengatasinya.

1. Seni Menyendiri, tapi Tidak Kesepian

Kesendirian dan kesepian kerap kali disamakan, padahal keduanya memiliki makna yang berbeda.

Untuk memperjelas, kesepian merupakan keadaan emosional yang dicirikan dengan perasaan hampa dan tidak adanya seseorang yang memahami apa yang dirasakan. Sebaliknya, kesendirian adalah keadaan seorang sedang sendiri.

Kompasianiaser, Ashri Riswandi Djamil membagikan kisahnya mengenai pengalamannya saat merasa kesepian.

Awalnya ia berpikir bahwa kesepian yang yang ia rasakan karena orang-orang disekitarnya tidak memahami apa yang ia pikiran dan impikan.

Tetapi, ternyata alasan utama ia merasakan kesepian karena kurangnya rasa mencintai terhadap diri endiri.

Ia sadar bahwa menunggu seseorang untuk memahaminya adalah cara yang salah, justru ketika bergantung dengan mereka dan suatu saat mereka tidak ada, kesepian akan semakin menjadi.

Jadi, refleksi dari sebuah kesepian adalah saat Anda mencitai diri sendiri, Anda menjadi kebal terhadap kesepian. (Baca selengkapnya)

2. Inilah Pentingnya Meluangkan Waktu untuk Menyendiri

Kesendirian sering kali dipandang negatif dan berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal, makna menyendiri di sini ialah meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai tanpa merasa terganggu dengan orang-orang yang berada di sekitar.

Menurut penelitian, manusia ada kalanya perlu menyendiri. Bahkan, menyendiri dapat membawa ragam manfaat, salah satunya bagi kesehatan mental.

Bukan hanya itu saja, memilih untuk menyendiri pada waktu tertentu dapat membantu pikiran kita menjadi jernih tanpa melibatkan opini atau perasaan orang lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com