Update Syarat Naik Kereta Api dan Layanan GeNose C19 di 63 Stasiun

Kompas.com - 23/05/2021, 14:44 WIB
PT KAI menyediakan layanan tes GeNose C-19 bagi calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Cikampek mulai Jumat (21/5/2021). Dokumentasi PT KAIPT KAI menyediakan layanan tes GeNose C-19 bagi calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Cikampek mulai Jumat (21/5/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – Larangan mudik Lebaran saat ini sudah tidak berlaku, namun untuk bepergian masih berlaku aturan perjalanan dengan syarat yang diperketat, termasuk syarat naik kereta api (KA).

Saat ini pelanggan KA jarak jauh tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan sebagai syarat bepergian naik kereta api yang sempat diberlakukan pada masa larangan mudik Lebaran 2021.

Meski begitu, tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk naik KA jarak jauh. Calon penumpang kereta api masih harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19.

Baca juga: Ini Syarat Naik Kereta Jarak Jauh Setelah Larangan Mudik Berakhir

Salah satunya adalah dengan pemeriksaan GeNose C19. Masa berlaku hasil pemeriksaan GeNose C19 adalah maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA sesuai dengan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

Selain itu, penumpang yang akan melaksanakan tes Genose C19 juga tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, pelanggan disarankan merencanakan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun dengan baik. Disarankan pemeriksaan dilakukan di hari sebelumnya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Baca juga: Apakah Naik Kereta Api Jarak Jauh Harus Pakai Rapid Test?

Artinya, calon penumpang kereta api disarankan melakukan tes GeNose C19 tidak terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan kereta api untuk menghindari potensi antrean dan kepadatan pada lokasi pemeriksaan di stasiun.

Lokasi tes GeNose C19 di 63 stasiun

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 63 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 per 23 Mei 2021 usai menambah 8 stasiun yang menyediakan layanan GeNose C19 ini.

Ke-8 stasiun tersebut yaitu Stasiun Brebes, Haurgeulis, Cikampek, Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Rantau Prapat, dan Tanjungbalai. Penambahan tersebut merupakan Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kapan Selesai?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.