KILAS

Kerja Sama Strategis Kementan dan Kementerian PUPR Kembangkan Food Estate di Kalteng

Kompas.com - 23/05/2021, 18:11 WIB
Dalam kunjungannya, Dirjen PSP yang didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian dan Direktur Irigasi Pertanian diterima langsung oleh Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko beserta jajaran. DOK. KEMENTANDalam kunjungannya, Dirjen PSP yang didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian dan Direktur Irigasi Pertanian diterima langsung oleh Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko beserta jajaran.

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) dan Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepakat untuk menjalin kerja sama dalam menyukseskan program food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur Jenderal PSP Ali Jamil yang baru sehari dilantik pun langsung menyambangi kantor Ditjen SDA. Dalam kunjungannya, Dirjen PSP yang didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian dan Direktur Irigasi Pertanian diterima langsung oleh Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko beserta jajaran.

Jarot menegaskan bahwa pihaknya siap bersinergi dan mendukung kegiatan budidaya pertanian melalui penanganan sistem tata kelola air irigasi di wilayah food estate.

Baca juga: Dirjen PSP Kementan: Food Estate Jadi Benteng Ketahananan Pangan Nasional

Jarot juga menyampaikan target kegiatan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi tahun anggaran 2021.

"Program itu akan difokuskan di wilayah Blok A seluas 43.503 hektar (ha). Harapannya, seluruh kegiatan pengembangan food estate dialokasikan di wilayah Blok A," jelas Jarot dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan yang sama, Ali memaparkan upaya percepatan tanam pada area 722 ha di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas serta rencana pengembangan kawasan Eks-PLG di Blok A seluas 43.503 ha.

"Saya akan mengecek langsung kondisi lapangan dan menyusun langkah-langkah percepatan," ujar Ali.

Baca juga: Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian, Indonesia dan Rusia Lakukan Transfer Teknologi

Selain itu, Ali juga turut meminta Kementerian PUPR untuk mendukung pemenuhan kebutuhan infrastruktur irigasi dan drainase. Dengan begitu, kegiatan budidaya pertanian di lokasi food estate dapat menghasilkan output yang optimal dan efektif.

Keduanya pun berharap sinergi dan komunikasi yang telah terjalin dapat terlaksana secara berkelanjutan dan dapat diikuti oleh pejabat maupun petugas tingkat lapangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X