Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprindo Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Untuk 150.000 Pekerja Ritel dan UMKM

Kompas.com - 24/05/2021, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memfasilitasi vaksinasi Covid-19 ke 150.000 pekerja ritel, pekerja UMKM serta masyarakat yang tinggal di wilayah rentan terdampak Covid-19 di Jakarta.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N Mandey mengatakan, dengan adanya vaksinasi ini diharapkan sektor ritel modern bisa mendorong perekonomian Indonesia bangkit kembali melalui konsumsi rumah tangga, sebagai kontributor 57,6 persen pada pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia.

Baca juga: Ini Daftar 9 Orang yang Kaya Raya berkat Vaksin Covid-19

“Pekerja ritel modern adalah garda terdepan yang sangat berisiko tertular & terdampak Covid-19, pekerja ritel butuh perlindungan kesehatan dan imunitas khususnya, agar mendapatkan vaksin Covid-19 secepatnya. Karena selama ini kita lihat belum optimal serta belum menyeluruh,” ujar Roy saat menghadiri peresmian program vaksinasi Covid-19 Aprindo, Senin (24/5/2021).

Roy mengatakan, dunia usaha perlu melakukan upaya konsisten untuk para pekerja nya dapat segera divaksinasi.

Tujuannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan melakukan percepatan vaksinasi pelayanan publik, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Ia juga optimistis, jika pandemi sudah berhasil ditekan dan ditanggulangi penularannya melalui pemberian vaksin secara masif sehingga tercipta herd community, maka pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali pada jalur dan menjadi optimal.

“Kita yakin, tahun ini akan mulai pre-recovery, pasca pemberian vaksin yang semakin masif. Apalagi bila para pekerja di sektor ritel sudah divaksin. Maka akan memberi dampak psikologis serta optimisme di kalangan masyarakat untuk kembali berbelanja dengan normal, tetap disiplin dan komit, seluruh masyarakat menjalankan prokes 5 M dan 3T yang berkelanjutan oleh pemerintah, ” kata Roy.

Baca juga: Perusahaan Dilarang Potong Gaji Karyawan untuk Vaksin Gotong Royong

Roy mengatakan, vaksinasi yang mulai digelar hari ini di GOR Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat akan menyasar sekitar 150.000 orang.

Detilnya, 60.000 karyawan ritel di bawah naungan Aprindo yang bekerja pada 5 wilayah DKI Jakarta dan 90.000 untuk masyarakat sasaran Pemerintah dan khususnya juga para pelaku UMKM dari 5 wilayah DKI Jakarta.

"Kami memandang kegiatan vaksinasi ini tidak layak bila hanya dilakukan bagi para pekerja ritel modern anggota Aprindo, tetapi perlu diadakan bersama sama dengan saudara2 kita para pelaku usaha UMKM, sesuai dengan semangat saling memerlukan, saling memajukan dan saling menguntungkan, amanah UU 20/2008 & PP/2013, dimasa kini kita tidak boleh egois serta mementingkan diri sendiri tetapi synergisitas dan kolaborasi dengan saudara-saudara para pelaku UMKM kita, menjadi kata kunci untuk memajukan bangsa bagi, Indonesia Maju," jelas Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com