Meski Berlogo Link, Transaksi Kartu Debit di ATM Bank yang Bersangkutan Tetap Gratis

Kompas.com - 24/05/2021, 14:19 WIB
Ilustrasi mesin ATM Thinkstock.com/uncle_daengIlustrasi mesin ATM

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan melakukan penyesuaian tarif cek saldo dan tarik tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Link, mulai 1 Juni 2021.

Himbara yang beranggotakan BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN sepakat untuk mengenakan biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM Link, masing-masing menjadi Rp 2.500 dan Rp 5.000.

"Adapun transaksi transfer antar bank tidak dilakukan perubahan biaya atau tetap dikenakan tarif Rp 4.000," kata SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi, dalam keterangan tertulis Senin (24/5/2021).

Baca juga: Bukan Sembarangan, Ini Alasan Kenapa Kartu ATM Harus Pakai Chip

Meskipun demikian, transaksi cek saldo dan tarik tunai menggunakan kartu debit bank pelat merah di mesin ATM jaringan masing-masing masih akan gratis.

Dengan demikian, apabila melakukan cek saldo atau penarikan uang di ATM Bank Mandiri dengan kartu debit Bank Mandiri, maka tidak akan dikenakan tarif atau gratis.

"Misalnya, transaksi kartu Bank Mandiri di ATM Bank Mandiri, meski ada logo ATM Link, tidak dikenakan biaya," ujar Thomas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tarif baru akan dikenakan apabila melakukan transaksi di mesin ATM Link jaringan yang berbeda dengan penyedia kartu debit.

Baca juga: ATM Link, Mimpi Rini Soemarno Gratiskan Transaksi Antar-Bank BUMN

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, penyesuaian dilakukan Himbara untuk meningkatkan keaman dan kenyamanan transaksi nasabah pengguna jaringan ATM Link.

"Penyesuaian ini senada dengan konsep healthy business untuk bisnis yang berkelanjutan,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.