Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anindya Bakrie Resmi Daftar sebagai Calon Ketua Umum Kadin, Ini Program yang Diusung

Kompas.com - 24/05/2021, 16:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novyan Bakrie resmi mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026.

"Munas kali ini sedikit berbeda dengan munas-munas sebelumnya. Ini disebabkan karena Kadin ke depan memiliki tanggung jawab yang lebih. Kadin berada di jalur terdepan dalam berbagai upaya pemulihan ekonomi pasca-pandemi," ujar Anindya melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Dalam situasi berbeda seperti saat ini, lanjutnya, kapasitas dan kemampuan pemimpin untuk menyatukan seluruh dunia usaha akan menjadi kunci keberhasilan Kadin ke depannya.

Baca juga: Vaksinasi Gotong Royong, Kadin: Pengusaha Tidak Boleh Potong Gaji Karyawan

 

Kapasitas dan kemampuan tersebut hanya bisa didapatkan dari jam terbang serta pemahaman atas permasalahan akar rumput sehari-hari di dunia usaha.

Sebelum mencalonkan diri, Anin telah berkeliling ke seluruh provinsi untuk berdialog dengan jajaran pengurus Kadin daerah dan menyerap aspirasi.

Dari sana, ia memformulasikan aspirasi dan pemikiran menjadi sebuah program kerja yang tentunya bukan semata-mata business as usual, namun, juga mementingkan kebangkitan ekonomi dari pandemi.

Ia pun membuat program kerja yang diberi nama ProKadin. Program tersebut memiliki makna dan kepanjangan dari singkatan ProKadin. Pro, berarti Kadin yang profesional, saling bahu-membahu, untuk maju, naik kelas bersama.

Untuk huruf K, kelembagaan dan SDM Kadin yang kuat, A merupakan agrikultur untuk ketahanan pangan. D adalah daerah berdaya dengan UMKM modern sebagai unggulan. Berikutnya huruf I yang berfokus terhadap industrialisasi berorientasi pada konektivitas dan ekspor.

Baca juga: Kadin: 7.000 UMKM Daftar Ikut Vaksinasi Gotong Royong

Sedangkan N, normalisasi kehidupan pasca pandemi dan kemandirian nasional bidang kesehatan.

Sebagaimana diketahui, pada saat penyerahan berkas dan pendaftaran, ia datang bersamaan dengan 15 wakil ketua umum Kadin Indonesia dan para ketua umum Kadin daerah yang turut mencalonkan Bekas pendaftaran diserahkan Anindya kepada Ketua SC Munas Kadin Indonesia Benny Sutrisno dan disaksikan oleh Ketua Pelaksana Munas Adi Sulisto, di Menara Kadin Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com