Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geramnya Investor Kripto terhadap Elon Musk

Kompas.com - 25/05/2021, 05:26 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga berbagai aset kripto telah anjlok sekitar 40 persen dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir.

Meskipun bukan menjadi penyebab satu-satunya, CEO Tesla Elon Musk dinilai memiliki andil besar terhadap tren penurunan harga Bitcoin beserta kripto lainnya.

Mulai dari gurauannya tentang Dogecoin dalam acara “Saturday Night Live”, hingga pernyataannya tentang dampak negatif Bitcoin terhadap lingkungan, telah menekan harga aset kripto.

Baca juga: Aset Kripto di Ambang Bubble, Mengapa Bisa Terjadi dan Apa Sebabnya?

Para penggemar Bitcoin pun sudah merasa lelah dengan pengaruh besar Elon terhadap pergerakan jangka pendek aset kripto.

“Mereka yang mengikuti Elon tanpa acuan yang jelas telah kehilangan banyak uang. Uang tersebut sudah hilang dan tidak akan pernah kembali,” ujar CEO Celcius, Alex Mashinsky, dikutip dari CNN, Selasa (25/5/2021).

“Komunitas kripto harus lebih bertanggung jawab dalam menjelaskan aset investasi ini dan risikonya,” tambahnya.

Sejumlah investor dan pakar mengaku kesal dengan tren penurunan harga seluruh aset kripto yang disebabkan merosotnya harga Bitcoin dan Dogecoin setelah adanya komentar-komentar dari Elon.

“Orang-orang geram (dengan Elon Musk),” ujar konsultan kripto, Eloisa Marchesoni.

Managing Director Magnetic Megan Kasper mengingatkan kepada para investor kripto, khususnya yang ingin berinvestasi jangka panjang, agar tidak fokus pada pernyataan Elon dan memilih aset kripto dengan perkembangan jelas, seperti Bitcoin dan Ethereum.

Baca juga: China Resmi Larang Perdagangan Mata Uang Kripto

Megan mengaku bingung ketika Elon kerap kali menyampaikan gurauan tentang Dogecoin, sehingga pengikutnya membeli aset berlogo anjing Shiba Inu itu.

“Saya masih tidak mengerti apa perspektif Elon tentang Dogecoin. Apa yang membuatnya berpikir kripto ini berharga,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com