Kompas.com - 25/05/2021, 05:46 WIB
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk businessinsider.comCEO Tesla & SpaceX, Elon Musk
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Harga bitcoin hari ini kembali melambung setelah sepekan terakhir terus merosot.

Dikutip dari Coindesk, harga bitcoin hari ini berada di kisaran 38.718 dollar AS per koin atau sekitar Rp 522,69 juta (kurs Rp 14.300). Harga bitcoin tersebut menguat 11,33 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama di hari sebelumnya.

Dilansir dari CNBC, lonjakan harga bitcoin tersebut disebabkan oleh unggahan CEO Tesla Elon Musk di akun Twitternya.

Ia mengatakan telah melakukan perbincangan dengan para penambang bitcoin di kawasan Amerika Utara. Para penambang tersebut mengatakan bakal mempublikasikan rencana mereka untuk melakukan penambangan bitcoin dengan energi terbarukan.

Baca juga: Kian Anjlok, Berikut Harga Bitcoin dkk Dalam Sepekan

"Telah berbicara dengan penambang bitcoin di Amerika Utara. Mereka berkomitmen untuk mempublikasikan rencana penggunaan energi terbarukan dan meminta penambang di seluruh dunia untuk melakukan hal yang sama. Secara potensial menjanjikan," ujar Musk seperti dikuti Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Setelah tweet Musk tersebut, harga bitcoin sempat menyentuh angka 39.500 dollar AS per keping atau sekitar Rp 564,85 juta. CEO Microstrategy Michael Saylor pun melanjutkan tweet Musk tersebut dengan mengatakan telah melakukan pertemuan dengan CEO Tesla tersebut yang mengarah pada pembentukan Bitcoin Mining Council.

Baca juga: Ini Penjelasan Pencipta Ethereum yang Sebut Bubble Aset Kripto Bakal Terjadi

 

Dewan tersebut nantinya akan mendukung penggunaan energi terbarukan dalam proses penambangan bitcoin.

Untuk diketahui, Musk dalam beberapa waktu terakhir telah menjadi salah satu faktor utama dalam harga mata uang kripto, salah satunya bitcoin. Unggahan tweet serta komentarnya di media kerap kali membuat harga bitcoin melejit atau bahkan anjlok.

Perusahaannya, Tesla, pada awal tahun ini telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS. Perusahaan pun dalam laporan keuangannya menyatakan telah mencetak pendapatan bersih dari penjualan bitcoin senilai 101 juta dollar AS. Pendapatan tersebut turut berkontribusi atas laba perusahaan di kuartal I tahun ini.

Baca juga: Sebelum Pajaki Mata Uang Kripto, Pemerintah Diminta Perjelas Dulu Posisi Bitcoin Dkk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.