Menko Airlangga: UMKM Jadi Penopang Perekonomian Nasional, Pemerintah Siapkan Stimulus Rp 191 Triliun

Kompas.com - 25/05/2021, 08:28 WIB
Ilustrasi pekerja KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi pekerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, UMKM merupakan guru dari perekonomian nasional.

Untuk itu, dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi, salah satu prioritas pemerintah jatuh kepada UMKM. Pemerintah memberi dukungan stimulus bagi UMKM hingga Rp 191,3 Triliun.

"Pemerintah menyediakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dukungan UMKM sebesar 191,13 triliun dan ini ditujukan untuk menjaga kelanjutan momentum pemulihan ekonomi," kata Airlangga dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Jokowi: Tempatkan Produk UMKM di Etalase Terdepan Pusat Perbelanjaan

Airlangga menuturkan, UMKM mendomisasi dan menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia. Jumlahnya mencapai 64 juta, atau 99 persen dari struktur usaha di Indonesia.

UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB nasional. Airlangga bilang, pemerintah akan terus berupaya untuk mengoptimalisasi potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi atau on boarding bagi UMKM offline.

"Jutaan UMKM yang sudah on boarding di berbagai platform e-commerce akan diberikan stimulus seperti coaching, promosi, dan penyaluran pinjaman dari bank Himbara, serta penempatan dalam e-catalog pengadaan barang," ujar Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan, pemerintah telah menginisiasi dan melaksanakan pembangunan berbagai sarana infrastuktur fisik dan digital.

Beberapa infrastruktur yang dibangun, antara lain pembangunan jaringan fiber optik, palapa ring, menara BTS, jaringan internet di daerah 3T dan perluasan wilayah 4G.

Baca juga: Kadin: 7.000 UMKM Daftar Ikut Vaksinasi Gotong Royong

"Kemudian pengembangan sistem 5G, peluncuran satelit multifungsi satria, dan pembangunan pusat data nasional, serta diklat bagi digital technopreneur dan digital talent," bebernya.

Untuk memastikan tujuan akselerasi tercapai, pemerintah juga telah menginisiasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan program Literasi Digital Nasional; Indonesia Makin Cakap Digital yang di-launching oleh Presiden Joko Widodo, untuk pengembangan kompetensi SDM.

"Harapannya dengan program ini dapat mendorong berbagai inisiatif di semua, melalui kerja-kerja konkret di tengah masyarakat, termasuk UMKM agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," pungkas Airlangga.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.