Indonesia Kini Bisa Produksi Kapal Bantu Pemetaan Laut

Kompas.com - 26/05/2021, 06:25 WIB
Kapal Patroli Cepat - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, melakukan uji coba kapal cepat yang diberi nama Ronin, di Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III, Pulau Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (3/2/14). Ronin menjadi kapal patroli keamanan yang memiliki kecepatan mencapai 35 knot. Saat ini kapal patroli yang dimiliki Lantamal rata-rata kecepatnya masih dibawah 20 knot. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOKapal Patroli Cepat - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, melakukan uji coba kapal cepat yang diberi nama Ronin, di Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III, Pulau Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (3/2/14). Ronin menjadi kapal patroli keamanan yang memiliki kecepatan mencapai 35 knot. Saat ini kapal patroli yang dimiliki Lantamal rata-rata kecepatnya masih dibawah 20 knot.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Karimun Anugerah Sejati telah berhasil membangun kapal patroli cepat (PC) 40 meter, yang akan menjadi bagian dari Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, selama ini kapal bantu Hidro Oseanografi atau pemetaan laut pengadaan dan pembangunannya masih dilakukan oleh galangan kapal luar negeri.

“Kapal PC 40 meter yang telah berhasil dibuktikan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan diharapkan dapat menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain di masa mendatang,” ujar Yudo dalam keterangan tertulis, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Penumpang Kapal Turun Drastis, Bagaimana Nasib Tol Laut Jokowi?

Yudo menyebutkan, kapal PC 40 meter nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu Hidro Oseanografi.

“Diharapkan dapat menajamkan kemampuan Pushidrosal dalam mendukung dan memantapkan perannya sebagai lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan Indonesia,” tutur dia.

Selain itu, luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu disurvei membutuhkan jumlah kapal survei yang tidak sedikit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, pengadaan kapal ini menjadi solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, tambahnya.

Baca juga: BUMN Ini Resmi Lanjutkan Mandat Sertifikasi Statutoria Kapal

Sebagai informasi, satu unit kapal PC 40 M yang merupakan hasil karya anak bangsa ini, memiliki spesifikasi panjang seluruh (LOA) sebesar 45,5 meter, lebar 7,9 meter, tinggi 4,25 meter, berat 220 ton, kecepatan ekonomis (patroli) 15 knots, kecepatan jelajah (cruising) 17 knots, kecepatan maksimum 24 knots, endurance minimal 6 hari, memiliki persenjataan 30 mm dan 12,7 mm serta mampu mengangkut 35 personel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.