Kompas.com - 26/05/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi asuransi dan keuangan Thinkstock/NastcoIlustrasi asuransi dan keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana kelolaan investasi industri asuransi jiwa di tahun ini diprediksi mulai membaik seiring kondisi pasar modal yang dinilai lebih baik dibandingkan tahun ini.

Hingga kuartal I-2021, tren kenaikan dana kelolaan sudah tampak.

Melihat data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Maret 2021, investasi industri asuransi jiwa mengalami pertumbuhan sebesar 15,63 persen yoy menjadi Rp 487,6 triliun. Di periode yang sama sebelumnya, investasi industri tercatat sebesar Rp 421,30 triliun.

Dari data tersebut, terlihat kontribusi terbesar berasal dari instrumen reksadana yang nilainya mencapai sekitar 34 persen dari total investasi. Disusul dengan instrumen saham yang memiliki kontribusi sekitar 28 persen.

Baca juga: 3 Alasan Milenial Perlu Punya Asuransi

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, tren kenaikan ini masih dapat berlanjut hingga akhir tahun. Optimisme itu datang karena beberapa sektor bisnis mulai berjalan normal seiring dengan program vaksinasi dari pemerintah.

“Namun di kuartal II ini kemungkinan bisa turun karena IHSG juga turun di periode ini,” ujar Togar kepada Kontan.co.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun optimistis investasi bisa meningkat, Togar mengakui masih ada kemungkinan kondisi bisa berbalik seperti saat awal-awal pandemi.

“Kalau pandemi Covid ini malah justru semakin banyak yang terdampak,” tambah Togar.

Peningkatan dana investasi juga dialami oleh salah satu pemain asuransi jiwa yaitu PT Asuransi Jiwa Sequis Life. Hingga kuartal I-2021, perusahaan telah mencatatkan pertumbuhan sebesar 13,04 persen yoy menjadi Rp 18,2 triliun.

Hingga akhir Maret 2021, kontribusi positif di Sequis Life datang dari kinerja investasi aset saham dalam denominasi USD yang meningkat 10,4 persen ytd. Dilanjutkan dengan aset obligasi rupiah yang juga tumbuh 2,8 persen ytd dan aset obligasi USD naik sebesar 1,6 persen ytd.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.