[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer | Curhat Orangtua tentang PJJ | Durang Duraring Kuliah Daring

Kompas.com - 26/05/2021, 16:29 WIB
ilustrasi penelitian sosial shutterstock.comilustrasi penelitian sosial

KOMPASIANA---Rasa-rasanya yang membuat kita kurang sering mendapat informasi sebuah karya ilmiah, barangkali, karena para karena belum seluruh sivitas akademika memahami teknik menulis ilmiah populer.

Sederhananya, sebuat artikel ilmiah populer itu dibuat dengan gaya bahasa populer agar bisa dimuat di media massa, misalnya.

Sebagai contoh, setelah sivitas akademika menyelesaikan riset atau penelitiannya, aplikasi hasil riset dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Nah, bentuknya bisa dilakukan dengan menuliskan artikel ilmiah populer.

1. Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer itu bertujuan memberi tahu pembaca di luar bidang ilmu yang terakit tentang wawasan dan penemuan ilmiah baru.

Kompasianer Ikhwanul Halim memulainya dengan pemahaman sebuah artikel yang bagus terlebih dulu. Menurutnya, artikel yang bagus itu etika dibaca maka tidak bisa ditinggalkan sebelum selesai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perlu diingat saat menulis artikel ilmiah populer adalah pembaca yang dituju bukanlah seorang ahli," tulisnya.

Pertama, ajukan pertanyaan yang tepat. Ya, mulailah menyusun ide Anda dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan: apa? di mana? kapan? bagaimana? mengapa? dan siapa? (Baca selengkapnya)

2. Ketika Orangtua Peserta Didik Curhat tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.