Dorong Kualitas Penyimpanan, BGR Logistics Sediakan Mobile Cold Storage

Kompas.com - 26/05/2021, 19:34 WIB
Ilustrasi ekspor ikan ThinkstockIlustrasi ekspor ikan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics meresmikan penyediaan mobile cold storage atau ruang pendingin yang bisa dipindahkan pada BGR Logistics Divre Pangkal Pinang.

Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengatakan, penyediaan mobile cold storage ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama dengan BUMD Bangka Belitung yang telah ditandatangani sebelumnya, serta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung.

"Selain itu, ini untuk membantu UMKM dan masyarakat dalam beberapa hal, termasuk terkait ketahanan pangan di Bangka Belitung," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Produk Ikan dari Biak Siap Tembus Pasar Jepang dan China

Nantinya, mobile cold storage ini dipergunakan untuk menyimpan komoditas ikan segar dan hasil laut lainnya dari nelayan di Bangka Belitung. Dengan demikian, hasil laut para nelayan mendapatkan kepastian pasar dan didistribusikan kembali ke masyarakat melalui aplikasi Warung Pangan.

Selain hasil laut dari Nelayan setempat, mobile cold storage ini juga bakal menampung komoditas pangan dari BUMN Klaster Pangan seperti RNI, Berdikari, PPI, Perindo, Perinus, Pertani, Garam, dan Sang Hyang Seri yang membutuhkan ruang penyimpanan berpendingin.

Sementara itu, Pemprov Bangka Belitung juga menyediakan foodkios yang akan bergabung menjadi mitra Warung Pangan. Tujuannya agar semakin banyak mitra yang dekat dengan masyarakat yang dapat mempermudah mendapatkan stok kebutuhan pangan, termasuk ikan segar serta komoditas pangan lainnya dengan harga yang juga stabil.

"Dengan adanya mobile cold storage ini, maka sinergi antara BGR Logistics dengan Pemprov Bangka Belitung dapat ditingkatkan. Ikan segar hasil dari BUMD Bangka Belitung dapat kami serap yang berdampak positif kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Belitung," jelas Kuncoro.

Ia menambahkan, nantinya kegiatan komoditas lokal di Bangka Belitung dapat dioptimalkan menjadi berorientiasi ekspor sehingga menghasilkan devisa sekaligus nilai tambah bagi masyarakat wilayah tersebut.

Ke depannya penyediaan mobile cold storage ini juga akan diperluas ke wilayah-wilayah persebaran Warung Pangan lainnya, guna menjaga stok dan stabilisasi harga komoditas yang membutuhkan penyimpanan berpendingin di wilayah-wilayah tersebut.

Baca juga: Jaga Aktivitas Industri, Kemenperin Ingin Arus Logistik Lancar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.