Kompas.com - 26/05/2021, 20:20 WIB
Tes corona drive thru di Primaya Hospital PRIMAYA HOSPITALTes corona drive thru di Primaya Hospital

JAKARTA, KOMPAS.com - Primaya Hospital Group melakukan ekspansi dengan menambah empat rumah sakit baru pada tahun ini. Sehingga total perseroan akan memiliki 13 rumah sakit pada akhir 2021.

CEO Primaya Hospital Group, Leona A. Karnali mengatakan, saat ini sudah ada tiga rumah sakit yang rampung pembangunannya yakni berlokasi di Sukabumi, Pasar Kemis, dan Pangkal Pinang. Sedangkan satu lagi berlokasi di Semarang yang masih dalam tahap pembangunan.

"Pada 2016 Primaya baru punya empat rumah sakit, tapi di 2021 sudah punya 12 rumah sakit. Harapannya akhir tahun kami tambah satu lagi dan ini sudah mulai dibangun. Jadi akhir tahun bisa ada 13 rumah sakit," ujarnya dalam acara media visit Kompas.com secara virtual, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Ia menjelaskan, jumlah tempat tidur (bed) yang tersedia di setiap rumah sakit Primaya berkisar 100-400 unit. Sementara nilai investasi dari pembangunan satu rumah sakit berkisar Rp 200 miliar-Rp 250 miliar.

"Pendanaannya kombinasi, baik dari internal maupun eksternal, seperti pinjaman bank," imbuh Leona.

Saat ini dengan memiliki 13 jaringan rumah sakit, Primaya secara total punya lebih dari 1.000 tempat tidur. Ia berharap, seiring bertambahnya jumlah rumah sakit Primaya maka semakin memperbaiki rasio kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami terus membangun karena kebutuhan di Indonesia, sebab jumlah bed terhadap per 1.000 orang itu rata-rata 1,18 bed, masih belum tinggi bila dibandingkan dengan Singapura, Vietnam, Malaysia yang cukup tinggi, apalagi dengan Korea Selatan dan Jepang," jelas dia.

Leona mengatakan, perseroan akan terus mengembangkan jumlah rumah sakit dengan menambah 3-4 rumah sakit setiap tahunnya. Anak usaha PT Saratoga Investama Sedaya Tbk ini meski masih fokus pada ekspansi di Pulau Jawa, namun tak menutup kemungkinan untuk memperluas pelayanannya ke luar Pulau Jawa.

Jaringan rumah sakit perseroan kini tersebar beberapa wilayah, yakni Primaya Hospital Bekasi Barat, Primaya Hospital Bekasi Timur, Primaya Hospital Bekasi Utara, Primaya Hospital Karawang, dan Primaya Hospital Tangerang.

Kemudian Primaya Evasari Hospital, Primaya Hospital Palangka Raya, Primaya Hospital Makassar, dan Primaya Hospital Inco Sorowako. Serta terbaru Primaya Hospital Pasar Kemis, Primaya Hospital Pangkal Pinang, Primaya Hospital Sukabumi, dan Primaya Hospital Semarang.

"Kami terbuka, di luar Jawa pun akan terus dikembangkan, kami berharap seperti klaster Makassar dan klaster Palangka Raya juga berkembang, selain juga perkembangan di klaster-klaster Pulau Jawa. Jadi kami akan terus kembangkan rumah sakit di berbagai daerah," ungkap Leona.

Baca juga: Wujudkan Smart Hospital, Rumah Sakit Perlu Bangun Infrastuktur Digital di Semua Lini



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.