Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederhana Ala Warren Buffett: Tak Pernah Pindah Rumah, Beli Mobil Harga Diskon

Kompas.com - 27/05/2021, 12:36 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Warren Buffett sudah tak asing di telinga investor. Investor yang dikenal sebagai Oracle of Omaha ini merupakan CEO Berkshire Hathaway.

Akan tetapi, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh raja bisnis Amerika ini daripada hanya pekerjaannya. Terlepas dari kekayaan bersihnya senilai US$ 78 miliar, menurut Forbes, orang terkaya keenam di dunia menikmati kehidupan dengan selera sederhana, hidup hemat, dan dermawan yang murah hati.

Berikut sekilas tips Warren Buffett untuk hidup hemat seperti yang dilansir Kontan dari Yahoo Finance.

1. Rumah Warren Buffett sama dengan yang dibelinya pada tahun 1958

Miliarder tinggal di rumah mewah, bukan? Itu bukan sosok Warren Buffett.

Dia tinggal di kediaman yang sama di Omaha, Nebraska, yang dia beli pada tahun 1958 seharga 31.500 dollar AS, setara dengan sekitar 285.000 dollar AS pada dolar tahun 2020. Buffett tidak berniat menjual rumahnya sendiri.

Baca juga: Sempat Bikin Warga Jadi Miliarder, Bagaimana Progres Proyek Kilang Tuban?

"Saya tidak akan menukarnya dengan apa pun," katanya kepada CNBC awal tahun ini.

Jika dikalkulasikan dengan nilai uang saat ini, Warren Buffett akan membayar sekitar 43 dollar AS per kaki persegi untuk rumah seluas 6.570 kaki persegi. Tapi hari ini, menurut nilai rumah saat ini yang terdaftar oleh kantor penilai pajak di Douglas County, Nebraska, tempat tinggal Warren Buffett, rumah itu bernilai sekitar 161 dollar AS per kaki persegi.

Jika Anda ingin hidup seperti Buffett, pertimbangkan untuk membeli rumah lebih sedikit daripada yang Anda mampu. Alih-alih membayar pembayaran hipotek yang mahal, Anda akan dapat menggunakan lebih banyak uang untuk tabungan, pensiun, atau liburan.

2. Warren Buffett memulai hari dengan sarapan murah

Anda mungkin menganggap miliarder makan siang di restoran paling mewah, memesan telur Benediktus dan mimosa tanpa dasar. Atau, mereka menyewa koki pribadi yang dapat menyiapkan apa pun dan kapan pun mereka mau.

Ternyata itu salah besar. Mengadopsi gaya hidup Warren Buffett tidak termasuk membayar harga tinggi untuk roti panggang Perancis gourmet harian yang disiapkan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

Baca juga: Pembagian Harta Dimulai, Melinda Gates Masuk Daftar Miliarder Dunia

Kalau bicara soal makanan, investor miliarder ini dikenal bisa menghemat uang dengan mengambil rute makanan cepat saji. Bahkan, dia mungkin memulai harinya dengan perjalanan ke McDonald's selama lima menit berkendara ke tempat kerja, lapor CNBC.

Jika dia merasa kaya, dia akan berbelanja secara royal dengan menghabiskan 3,89 dollar AS untuk sandwich biskuit bacon, telur, dan keju. Jika pasar sedang turun, dia mungkin menghabiskan 3,19 dollar AS untuk sandwich sosis, telur, dan keju.

Pada hari yang sangat buruk, dia membeli dua roti sosis seharga 2,38 dollar AS, menyatukannya dan mencucinya dengan Coke yang dia tuangkan sendiri.

Buffett juga dikenal memilih makanan murah saat dia dalam perjalanan. Temannya, Bill Gates, menulis di blognya bahwa sarapan perjalanan Buffett mungkin terdiri dari sebungkus Oreo.

"Satu hal yang mengejutkan untuk mengetahui tentang Warren adalah bahwa pada dasarnya dia bertahan untuk makan apa yang dia suka ketika dia berusia 6 tahun," tulis Gates. "Dia memang melewati makanan bayi, tentu saja, tapi dia kebanyakan makan hamburger, es krim, dan Coke."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com