Cegah Penyebaran Covid Melalui Limbah Medis, Sejumlah Rumah Sakit Gandeng PPLI

Kompas.com - 27/05/2021, 15:20 WIB
Ilustrasi rumah sakit. ShutterstockIlustrasi rumah sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah rumah sakit menggandeng PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk mencegah penularan Covid-19 melalui limbah medis.

Sekjen PERSI Lia G Partakusuma mengatakan, untuk menangani penyebaran pandemi, limbah medis dari alat-alat yang digunakan dalam penanganan Covid-19 harus ditangani dengan baik.

"Semua kita musnahkan, baik dengan peralatan insenerator yang dimiliki rumah sakit atau dengan menggandeng perusahaan yang profesional dalam penanganan limbah B3 seperti PPLI (Prasadha Pamunah Limbah Industri)," ujar Wakil Direktur RSUD Cibinong Tomi melalui siaran persnya yang diterima Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Biaya Rumah Sakit Capai Selangit, Akali dengan 4 Cara Ini

Dia menyebutkan, limbah medis termasuk limbah Covid seperti masker bekas pakai, selang oksigen, jarum suntik dan lain-lain tak akan digunakan kedua kali.

Bahkan lanjut Tomi, sisa abu pembakaran limbah medis dari insinerator milik rumah sakit pun dikirimkan pihak RSUD kepada PPLI.

"Karena RSUD sudah cukup lama bersinergi dengan PPLI terkait penanganan limbah B3 medis, mereka cukup profesional dan memiliki teknologi yang baik untuk mengolah limbah beracun dan berbahaya ," imbuh Tomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal senada juga diungkapkan koordinator Prasarana RS Azra Bogor, Rhisma Hilda Prawita. Dia menyebutkan pihaknya siap menghadapi potensi lonjakan penderita Covid pasca-Lebaran.

"PPLI merupakan perusahaan pengolahan limbah industri yang direkomendasikan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Kami yakin kemampuan mereka ngga diragukan lagi, termasuk menangani limbah covid-19 ini," imbuh Hilda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.