Donasi Rp 85,8 Triliun Tahun Lalu, MacKenzie Scott Malah Tambah Tajir

Kompas.com - 27/05/2021, 16:18 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris) CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris)
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - MacKenzie Scott berada pada peringkat ke-22 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, dan menduduki peringkat keempat sebagai perempuan terkaya di dunia saat pertama kali masuk ke dalam daftar tersebut tahun 2020 lalu.

Mantan istri Jeff Bezos tersebut pertama kali masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes setahun yang lalu, dengan total nilai kekayaan sebesar 36 miliar dollar AS atau sekitar Rp 514,8 triliun (kurs Rp 14.300).

Nilai kekayaan tersebut bersumber dari saham Amazon yang ia terima pada pertengahan tahun 2019 setelah menyelesaikan proses perceraiannya dengan CEO Amazon tersebut.

Baca juga: Cerai dari Jeff Bezos, MacKenzie Bakal Donasikan Separuh dari Kekayaan

Kini pada daftar orang terkaya di dunia tahun 2021, MacKenzie masih menempati posisi yang sama, yakni peringkat ke-22. Namun, total nilai kekayaannya bertambah menjadi 53 miliar dollar AS atau sekitar Rp 757,9 triliun.

Jumlah tersebut meningkat 50 persen dibanding tahun lalu. Padahal, ia baru saja melakukan donasi filantropis dengan total nilai hampir 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 85,8 triliun sepanjang tahun lalu.

Dilansir dari Forbes, Kamis (27/5/2021) lonjakan nilai kekayaan MacKenzie Soctt terjadi lantaran harga saham Amazon yang melejit hingga 64 persen setahun terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sepanjang 2020, Keluarga Tanoto Sumbangkan Rp 157 Miliar untuk Filantropi

Ia pun tercatat di peringkat ketiga perempuan terkaya di dunia setelah pewaris L’Oréal Françoise Bettencourt Meyers dengan nilai kekayaan sebesar 73,6 miliar dollar AS, dan pewaris Walmart Alice Walton dengan nilai kekayaan 61,8 miliar dollar AS.

Forbes pun membandingkan donasi MackKenzie Scott dengan yayasan amal Bill dan Melinda Gates. Pasalnya, yayasan amal terbesar di Amerika Serikat tersebut melakukan donasi sebesar 5,1 miliar dollar AS pada tahun 2019. Jumlah yang cenderung lebih sedikit bila dibandingkan dengan donasi MacKenzie.

Pada bulan Mei 2019 lalu, Scott juga telah menandatangani Giving Pledge, sebuah janji untuk memberikan setidaknya separuh kekayaannya untuk donasi baik itu selama ia hidup atau setelah ia meninggal dunia.

Baca juga: Pencipta Ethereum Donasi Rp 14,5 Triliun untuk Penanganan Covid-19 di India

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.