Kompas.com - 27/05/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bakal meluncurkan BI Fast Payment pada akhir tahun ini. Layanan ini akan menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Kepala Grup Sistem Pembayaran Nilai Besar dan Perizinan Sistem Pembayaran Ritel BI Dudi Dermawan mengatakan, BI Fast Payment didesain untuk memfasilitasi nasabah, dalam hal ini para pelaku usaha, untuk melakukan transaksi secara real time.

"Sehingga kendala selama ini, misal UMKM bahwa untuk transaksi terima pembayaran tidak real time, ke depannya jadi bisa real time," kata Dudi dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Cara dan Syarat Ajukan KPR di BNI, BCA, dan BTN

Lebih lanjut Ia menyebutkan, meskipun layanan yang merupakan implementasi dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 itu akan beroperasi secara 24 jam penuh, namun keamanan transaksi akan tetap dijamin.

"BI Fast beroperasi secara 24/7, lengkap, secure, dan proxy address, ini persis seperti transaksi yang dilakukan fintech," ujarnya.

Selain itu, Dudi menilai, layanan BI Fast akan semakin melengkapi sistem pembayaran secara langsung atau offline, yang saat ini dilaksanakan melalui sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, BI Fast memiliki sejumlah fitur utama, yakni penyelesaian transaksi secara real time di level bank dan nasabah, layanan tersedia tanpa batasan waktu, validasi dan notifikasi secara real time, penggunaan proxy address sebagai alternatif nomor rekening penerima, fitur keamanan yang andal berupa fraud detection, dan AML/CFT system (Anti-Money Laundering/Combating the Financing of Terrorism).

Baca juga: Komunitas Konsumen Minta Erick Thohir Batalkan Pengenaan Tarif di ATM Link

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.