Kompas.com - 27/05/2021, 18:21 WIB
Gedung Phapros dok. PhaprosGedung Phapros

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Phapros Tbk, anak usaha dari PT Kimia Farma Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2020, menyepakati akan membagikan dividen tunai sebesar 40 persen dari laba bersih atau setara dengan Rp 19,4 miliar kepada pemegang saham.

Dalam penyampaian capaian kinerja perusahaan, pada tahun 2020 lalu, Phapros mengantongi penjualan sebesar lebih dari Rp 980 miliar.

Direktur Utama Phapros Hadi Kardoko mengatakan, peningkatan penjualan Phapros pada tahun 2020 didominasi oleh segmen obat generik berlogo (OGB) yang naik sebesar 13 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 738 miliar.

Baca juga: Kalbe Bagikan Dividen Sebesar Rp1,3 Triliun

"Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kami. Meski kinerja perseroan tahun lalu sempat mengalami koreksi, namun di triwulan satu tahun 2021 ini, kami berhasil membalikkan keadaan," ujar Hadi melalui keterangan tertulis, Kamis (27/5/2021).

Ia menyebutkan, pada triwulan I 2021, Phapros mencatatkan laba bersih sebesar Rp 7,18 miliar atau naik 254 persen.

Selain itu, Ebitda juga naik sebesar Rp 46,82 miliar atau 465 persen setelah melaksanakan sejumlah strategi yang adaptif dan inovatif dalam hal produk, finansial, maupun pemasaran selama masa pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk terus meningkatkan performanya di tengah kondisi menantang saat ini, pihaknya telah menyusun berbagai rencana strategis.

"Kami akan melakukan pengembangan bisnis strategik yang terdiri dari pengembangan bisnis organik, peluncuran produk baru pada tahun ini dan dua tahun ke depan, serta peningkatan utilitas melalui harmonisasi di Phapros Group," ujar Hadi.

Baca juga: Laba Melonjak 107 Persen, Erajaya Tebar Dividen Rp Rp 219 miliar

Pada tahun ini dan 2022, Phapros memiliki target minimal 10 peluncuran produk baru.

"Produk baru yang akan diluncurkan tersebut berasal dari beberapa kelas terapi yang diantaranya adalah antibiotik, antidiabetes, antikolesterol yang merupakan produk-produk first line therapy sehingga menambah kelengkapan produk PT Phapros Tbk," lanjut dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.