Awas Terkecoh, Muncul Laman sscnbkn.win Bukan Situs Resmi CPNS 2021

Kompas.com - 28/05/2021, 10:36 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi yang berniat mendaftar CPNS 2021, hati-hati terkecoh dengan munculnya website dengan nama domain yang mirip dengan link resmi pendaftaran CPNS 2021.

Domain tersebut adalah sscnbkn.win yang alamatnya mirip dengan laman sscn.bkn.go.id yang tak lain bagian dari situs terintegrasi untuk seleksi calon ASN yakni sscasn.bkn.go.id.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Jumat (28/5/2021), laman sscnbkn.win tidak mencantumkan siapa yang bertanggung jawab atas keberadaan website tersebut.

Baca juga: Segera Dibuka, Ini Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Website dengan link sscnbkn.win dalam halaman utamanya memang mencantumkan tulisan yang menyebut bukan situs resmi CPNS 2021.

Meski begitu, penggunaan domain yang mirip dengan link sscn.bkn.go.id bisa saja membuat orang salah mengira bahwa situs tersebut adalah situs resmi yang dikelola BKN.

Terlebih, website tersebut mencatut nama BKN dalam domain yang digunakan. Website tersebut juga berisi informasi-informasi terkait pendaftaran CPNS 2021 yang belum tentu juga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pasalnya, pemilik website juga tidak mencantumkan identitas siapa orang di balik sscnbkn.win. Terlepas dari keberadaan situs tersebut, penting diingat bahwa seleksi CPNS 2021 kali ini hanya menggunakan satu portal pendaftaran, yakni Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN (sscasn.bkn.go.id 2021).

Baca juga: Simak Ketentuan Bobot Penilaian SKD dan SKB CPNS 2021

Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, penggunaan portal SSCASN akan mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk persiapan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, apa saja yang perlu diketahui soal portal SSCASN?

1. Tidak perlu unggah sejumlah dokumen

Diberitakan Kompas.com, 25 Maret 2021, dengan adanya peningkatan fitur terknologi dalam SSCASN, peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) saat melakukan pendaftaran.

Sebab, portal SSCASN akan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.