Kompas.com - 30/05/2021, 19:57 WIB
Ilustrasi asuransi jiwa SHUTTERSTOCKIlustrasi asuransi jiwa

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimis pemulihan ekonomi global masih terus berlanjut seiring mulai pulihnya aktivitas perekonomian di negara-negara ekonomi utama dunia seiring dengan laju vaksinasi dan penanganan pandemi Covid-19.

Pada sektor asuransi di bulan April 2021, OJK mencatatkan penghimpunan premi sebesar Rp 22,4 triliun, terdiri atas asuransi jiwa sebesar Rp 14,2 triliun, asuransi umum dan reasuransi sebesar Rp 8,2 triliun.

Fintech peer to peer (P2P) lending pada bulan tersebut juga mencatatkan pertumbuhan baki debet pembiayaan sebesar 49,9 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 20,61 triliun.

Baca juga: Agar Tak Bingung, Berikut Penjelasan Manfaat dan Jenis Asuransi Jiwa

Piutang perusahaan pembiayaan pada April 2021, masih terkontraksi sebesar 16,29 persen (yoy).

Sementara itu, pasar keuangan domestik dilaporkan tetap stabil meskipun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 21 Mei 2021, tercatat ke level 5.773 atau melemah 3,7 persen (month to date/mtd).

Hal ini juga sejalan dengan perkembangan pasar saham negara berkembang lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, pasar surat berharga negara (SBN) terpantau menguat dengan rerata imbal hasil turun 40 basis point (bps) di seluruh tenor.

Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK), secara tahunan (yoy) kembali mencatatkan pertumbuhan double digit sebesar 10,94 persen.

Baca juga: Mengenal Manfaat Asuransi dan Jenis-Jenis Asuransi

Profil risiko lembaga jasa keuangan di bulan itu masih relatif terjaga dengan rasio non performing loan/NPL gross tercatat sebesar 3,22 persen.

Kemudian, rasio NPF perusahaan pembiayaan juga turut turun menjadi 3,9 persen dari bulan sebelumnya Maret 2021 yang sebesar 3,7 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.