Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kedatangan 8 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac

Kompas.com - 31/05/2021, 13:52 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia kembali menerima kedatangan 8 juta dosis bahan baku (bulk) vaksin Covid-19 produksi perusahaan asal China, Sinovac, Senin (31/5/2021) pukul 12.00 WIB. Jutaan dosis yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan kedatangan vaksin tahap ke-14.

"Hari ini kita kedatangan lagi vaksin yg akan dimanfaatkan untuk bangsa Indonesia," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam konferensi pers.

Dengan adanya penambahan tersebut, maka total vaksin yang telah diterima Indonesia mencapai 92,9 juta dosis vaksin, di mana 81,5 juta di antaranya masih dalam bentuk bulk.

Erick mengatakan, dengan ketersediaan tersebut, pemerintah akan terus meningkatkan jumlah penerima vaksin. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 26,9 juta masyarakat Indonesia yang menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Harga Minyak Dunia

"Tentu ini akan terus kita tingkatkan," katanya.

Mantan bos Inter Milan itu menyebutkan, jika dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, Indonesia memiliki tingkat pelaksanaan vaksinasi yang tinggi.

"Apakah kita berpuas diri? Tidak. Karena kalau kita lihat perbandingan kita dengan vaksinasi negara besar lain, China, Amerika, kita masih di bawah," tuturnya.

Sebagai informasi, Corporate Secretary PT Biofarma Bambang Heriyanto mengatakan, dengan kedatangan vaksin tahap ke 14 itu, total dosis vaksin Covid-19 yang dapat diproduksi sampai saat ini mencapai 75,9 juta dosis.

Baca juga: Pengenaan Tarif ATM Link Dikabarkan Ditunda, Ini Kata BRI dan Bank Mandiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com