Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I 2021, Amar Bank Catat Penyaluran Kredit Naik 2,85 Persen

Kompas.com - 31/05/2021, 17:26 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Amar Indonesia Tbk mencatat penyaluran kredit di akhir kuartal I 2021 tumbuh sebesar 2,85 persen dari posisi akhir tahun 2020 (year to date) yaitu dari Rp 1,72 triliun pada akhir tahun 2020 menjadi Rp 1,76 triliun pada kuartal I 2021.

Sementara itu perolehan dana pihak ketiga (DPK) mengalami kenaikan dari Rp 2,9 triliun pada akhir tahun 2020 menjadi Rp 3,3 triliun pada kuartal I 2021.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) berada di level 37,63 persen.

Baca juga: Menteri Investasi Beberkan Penyebab Porsi Kredit UMKM Masih Rendah

"Bank memiliki ruang yang lebih besar untuk menyalurkan kredit tentunya dengan tetap mengedepankan asas kehati-hatian. Bank juga melihat adanya sentimen positif dari kalangan pengusaha untuk meningkatkan kinerja bisnis yang tertunda dan konsumsi masyarakat yang perlahan turut meningkat," ujar Vishal Tulsian dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021).

Adapun perolehan pendapatan bunga bersih atau net interest income (NII) sebesar Rp 82 miliar atau meningkat 37,39 persen dibanding dengan periode Kuartal IV 2020 yang tercatat sebesar Rp 60 miliar.

Hal ini dipengaruhi oleh penyaluran kredit yang meningkat sejak akhir tahun 2020 sehingga mendorong pertumbuhan pendapatan bunga. Selain itu, biaya dana (cost of fund) yang turun juga turut berkontribusi terhadap profitabilitas.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Turunkan Suku Bunga Kartu Kredit

"Namun demikian, pertumbuhan ini tidak membuat Bank kehilangan kewaspadaan terhadap kondisi perekonomian kedepannya. Walaupun vaksin sudah mulai didistribusikan, perekonomian masih secara perlahan menunjukan perputaran balik yang positif," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com