Kompas.com - 02/06/2021, 05:59 WIB
Ilustrasi bensin berkualitas SHUTTERSTOCKIlustrasi bensin berkualitas
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bensin di Amerika Serikat (AS) menyentuh level tertinggi dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya jumlah pergerakan masyarakat di Negeri Paman Sam.

Meningkatnya harga bensin juga sejalan dengan tingginya permintaan pada periode hari memorial atau Memorial Day yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2021, di mana masyarakat Amerika Serikat banyak melakukan perjalanan untuk menemui koleganya.

Dilansir dari CNN, Rabu (2/6/2021), rata-rata harga bensin di AS mencapai level tertinggi sejak 2014, yakni sebesar 3,05 dollar AS per galon, atau setara Rp 11.538 per liter (asumsi kurs Rp 14.300).

Baca juga: Ini 2 Skema Tax Amnesty Jilid II

Angka tersebut meningkat dari harga bulan sebelumnya yakni sebesar 2,9 dollar AS per galon atau Rp 10.970 per liter, dan juga meningkat dari periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 1,98 dollar AS per galon atau setara Rp 7.490 per liter.

Tingginya permintaan bensin juga terefleksikan dengan habisnya stok di sejumlah stasiun pengisian bensin AS.

Selain itu, harga minyak mentah pun ikut terkerek, di mana harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) sudah mencapai level 68 dollar AS per barrel, sementara harga minyak acuan global, Brent, telah menembus harga 70 dollar AS per barrel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kenaikan harga bensin pun mengakibatkan terjadinya inflasi pada April 2021, yakni sebesar 3,6 persen secara tahunan, dengan harga energi meningkat 25 persen.

Inflasi yang salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga bensin membuat para investor khawatir, dan lebih berhati-hati terhadap berbagai keputusan pemerintah ataupun bank sentral.

Baca juga: Bea Cukai Lelang Moge Mulai Rp 15 Jutaan, Ini Daftarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.