BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Brother

Perusahaan Wajib Tahu, Ini 5 Tips agar Karyawan Dapat Bekerja Lebih Efisien di Kantor

Kompas.com - 02/06/2021, 11:52 WIB
Brother menghadirkan empat produk printer terbaru yang cocok untuk penggunaan di kantor, yakni MFC-T920DW, DCP-T820DW, DCP-T720DW, dan DCP-T520W. DOK. BROTHER INK TANKBrother menghadirkan empat produk printer terbaru yang cocok untuk penggunaan di kantor, yakni MFC-T920DW, DCP-T820DW, DCP-T720DW, dan DCP-T520W.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir. Meski demikian, beberapa perusahaan sudah mengizinkan sebagian karyawan untuk kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Bekerja di kantor pada masa pandemi punya tantangan tersendiri. Selain harus menjalani prokes ketat, karyawan juga harus tetap bekerja secara efisien.

Di sinilah, perusahaan harus berperan membuat karyawan merasa kerasan bekerja di kantor. Untuk mewujudkan hal itu, perusahaan perlu mempertimbangkan lima langkah berikut.

1. Berikan kompensasi yang sesuai

Guna meningkatkan kesejahteraan karyawan, perusahaan perlu memberikan kompensasi yang ideal sesuai keterampilan dan peran masing-masing.

Selain itu, perusahaan dapat pula memberikan apresiasi bagi karyawan. Bentuk apresiasi bisa berupa insentif saat karyawan berhasil mencapai target, makan siang gratis, fleksibilitas untuk memilih bekerja di rumah, atau memberikan kejutan manis dan berkesan bagi karyawan yang berulang tahun.

2. Bekerja secara fleksibel

Fleksibilitas menjadi salah satu kunci karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien di era digital. Pasalnya, setiap karyawan memiliki kemampuan dan cara berpikir yang berbeda-beda. Alhasil, cara mereka menyelesaikan tugas yang diamanahkan pun tak sama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan memberikan fleksibilitas dalam bekerja, karyawan dapat leluasa untuk mengembangkan kreativitas mereka secara lebih optimal. Hasil akhir tugas yang digarap bisa lebih maksimal karena karyawan melakukannya dengan senang hati tanpa terlalu dipaksakan.

3. Menerima keberagaman

Dalam satu lingkungan perusahaan, keberagaman karyawan menjadi keniscayaan. Sebab, lingkungan kerja biasanya diisi oleh orang-orang dengan latar belakang, perilaku, pola pikir, dan potensi yang beragam.

Oleh karena itu, semua pihak dalam perusahaan, terutama para pemimpin, perlu menerima keberagaman itu.

Pemimpin perusahaan juga harus menyelesaikan segala permasalahan yang muncul dengan bijaksana tanpa memandang satu kesalahan atau kekurangan karyawan saja, tetapi melihat dari berbagai perspektif.

4. Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Lingkungan kerja yang menyenangkan menjadi salah satu faktor karyawan dapat bekerja secara efisien. Salah satu cara untuk membuat lingkungan demikian adalah menciptakan tradisi perusahaan yang kental dengan kebersamaan. Melalui cara ini, karyawan bisa betah dan senantiasa berkontribusi.

Adapun tradisi-tradisi tersebut bisa berupa makan bersama setiap akhir bulan, melakukan kompetisi kecil antardivisi, atau melakukan aktivitas lainnya yang dapat menambah suasana kekeluargaan di dalam kantor.

5. Sediakan perangkat kerja mumpuni

Efektivitas dan efisiensi kerja karyawan juga dapat ditingkatkan dengan menyediakan perangkat kerja yang mumpuni. Perusahaan bisa memberikan fasilitas meja kerja yang luas, kursi kerja yang nyaman, komputer dengan spesifikasi sesuai kebutuhan, dan printer berteknologi tinggi.

Berbicara mengenai printer, beberapa perusahaan memang memiliki kebutuhan masing-masing. Oleh karena itu, tak ada salahnya menggunakan printer yang bisa diandalkan pada setiap kebutuhan, seperti Brother Ink Tank.

Brother menghadirkan empat produk printer terbaru yang cocok untuk penggunaan di kantor, yakni MFC-T920DW, DCP-T820DW, DCP-T720DW, dan DCP-T520W.

Keempat printer tersebut dapat mencetak lebih dari 5.000 halaman berwarna dan 7.500 halaman hitam putih bila menggunakan tinta orisinal Brother Ultra High Yield Ink. Dengan begitu, perusahaan bisa mencapai biaya operasional yang lebih rendah.

Baca juga: 5 Perangkat yang Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang WFH

Selain itu, teknologi inktank yang tersemat pada printer tersebut juga memudahkan proses pengisian ulang tinta.

Dari segi desain, Brother Ink Tank tergolong portabel karena memiliki bodi yang kecil sehingga mudah dipindah sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu, printer tersebut juga mengusung desain ramah pengguna untuk meminimalkan risiko kekacauan dan kebocoran. Ini terlihat dari penutup transparan yang tersemat pada tangki tinta. Dengan begitu, pengguna dapat lebih mudah untuk mengakses bagian depan tangki tinta.

Kelebihan lainnya, Brother Ink Tank sangat mudah dioperasikan. Pasalnya, printer ini menggunakan sistem plug and play sehingga pengguna tidak perlu menginstalasi device driver secara manual.

Selain itu, printer tersebut juga memiliki fitur wireless printing yang didukung jaringan Wi-Fi dan ethernet andal. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencetak dokumen lewat email ataupun smartphone tanpa perlu repot menghubungkan kabel. Printer juga dapat terhubung dengan beberapa user atau pengguna di kantor.

Brother Ink Tank tipe MFC-T920DW, DCP-T820DW, DCP-T720DW memiliki kecepatan cetak yang tinggi, yakni 17/16,5 images per second (ipm) untuk dokumen hitam putih ataupun full color. Sedangkan, tipe DCP-T520W memiliki kecepatan cetak 17/9,5 ipm.

Dengan waktu cetak yang efisien, produktivitas karyawan di kantor dapat meningkat.

Kemudian, printer tersebut juga memiliki satu manual feed slot yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen dengan berbagai jenis kertas, seperti kertas hout vrij schrift (HVS) ukuran A4, A5, A6, kertas glossy, kertas amplop C5, dan lain sebagainya yang dapat memenuhi kebutuhan cetak di kantor.

Brother Ink Tank memiliki fitur canggih, seperti Auto Document Feeder (ADF). Dengan fitur ini, karyawan dapat mencetak, scan, copy, atau mengirim faksimile dokumen sebanyak 20 lembar sekaligus.

Perlu diketahui, fitur tersebut hanya tersedia pada seri MFC-T920DW, DCP-T820DW, DCP-T720DW.

Khusus seri MFC-T920DW dan DCP-T820DW, tersemat paper tray berkapasitas 230 lembar. Sementara, seri DCP-T720DW dan DCP-T520W memiliki paper tray berkapasitas 150 lembar.

Untuk pembelian dan informasi lengkap mengenai Brother Ink Tank, kunjungi official store Brother Printer di Shopee, Tokopedia, dan website Brother di laman http://bit.ly/brother-kompas.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya