[KURASI KOMPASIANA] Balada Penulis Menemukan Formula yang Tepat untuk Tulisannya

Kompas.com - 02/06/2021, 12:23 WIB
Ilustrasi Thinkstock.comIlustrasi

KOMPASIANA---Pada setiap acara bedah buku maupun peluncuran buku, ada pertanyaan yang kerap disampaikan moderator kepada penulis: bagaimana cara atau proses menulis buku ini?

Terkadang jawabannya amat normatif, tapi tidak sedikit penulis membocorkan beragam ritual yang biasa dilakukannya sebelum maupun saat menulis.

Tentu saja hal-hal tersebut agar orang lain bisa mempraktikkan apa yang penulis itu lakukan atau penulis lain bisa menemukan cara lainnya sendiri.

Tapi, menulis juga butuh proses. Kadang kita sudah menemukan ide tulisan, tapi perasaan saat itu sedang tidak enak menulis sehingga jadi hambatan.

Berikut ini 3 kiat yang bisa dicoba dalam mengolah perasaan itu agar menulis tetap lancar.

1. Dalam Berkarya Semua Orang Punya Formula, Ini Salah Satu di Antaranya

Bagi Kompasianer Kazena Krista, menulis tak hanya sekadar hobi melainkan gaya hidup tentang bagaimana saya mengolah rasa terhadap apa yang saya rasakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, dari kegiatan menulis itu, setidaknya ada 2 tujuan yang ingin Kompasianer Kazena Krista capai: (1) sebagai monolog terhadap diri sendiri dan (2) bentuk lain untuk berdialog dengan banyak orang.

"Menulis adalah cara lain bagaimana saya membangun rasa percaya diri yang terkadang jatuh; cara saya melakukan terapi "healing" dari sesuatu yang diluar ekpektasi saya sebagai manusia," tulisnya.

Namun, hal pertama yang biasa Kompasianer Kazena Krista lakukan adalah melakukan mind mapping.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.