Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: Work From Bali Bisa Tingkatkan Keterhunian Hotel Hingga 30 Persen

Kompas.com - 02/06/2021, 13:53 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, metode Work From Bali mampu mendukung industri pariwisata bangkit kembali.

Terutama wisata di Bali sebagai salah satu pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut dia, selama melakukan Work From Bali pada kuartal I tahun 2021, kenaikan kunjungan wisatawan nusantara terjadi 2 hingga 3 kali lipat. 

Baca juga: Sandiaga: Desa Wisata Miliki Potensi Besar Bangkitkan Sektor Pariwisata RI

Sandiaga menyebutkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Bandara Ngurah Rai, jumlah wisatawan nusantara di awal tahun 2021, berkisar 2.500 wisatawan, dan saat ini sudah berada di level 7.000-7.500 wisatawan.

“Saat kami mulai Work From Bali pada kuartal I, awal tahun ini, ada penginkatan 2-3 kali lipat kunjungan wisatawan. Melalui Work From Bali ini juga kami yakin, dapat mengangkat tingkat keterhunian hotel-hotel di Bali yang kini di bawah 10 persen, paling tidak bisa mencapai 30 persen,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Rabu (2/6/2021).

Saat ini, Sandiaga sedang mempersiapkan rencana Work From Bali dengan kementerian dan lembaga pemerintahan yang dikoordinasikan oleh Kementerian Maritim dan Investasi.

Ia berharap, rencana Work From Bali ini dapat segera dieksekusi oleh kementerian dan Lembaga pemerintah.

Di sisi lain, ia berharap Work From Bali tidak membebani anggaran, namu lebih berpihak pada pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bali.

Baca juga: Work from Bali, Gaya Hidup Pengembara Digital, dan Kesiapan Destinasi

“Work From Bali ini masih terus digodok, dan kita koordinasi dengan kementerian/lkembaga terkait. Kita pastikan Work From Bali ini adalah kebijakan yang bsia dieksekusi, dengan tidak membebani anggaran, tapi berpihak pada saudara-saudara kita di Bali,” jelas dia.

Ramainya pembicaraan rencana Work From Bali juga mendorong kawasan pariwisata lainnya untuk ikut berkontribusi.

Sandiaga mengatakan, beberapa kawasan pariwisata juga mendorong usulan yang sama, seperti Work From Lombok, ataupun Work From Labuhan Bajo.

Sebagai upaya mendukung bangkitnya sector wisata utamanya Bali, Sandiaga berkomitmen dalam mempersiapkan TCA (Travel Corridor Arrangement) dan memastikan diterapkannya protocol CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

“Untuk membuka pariwisata Bali, TCA terus disiapkaN, 3T terus ditingkatkan, dengan adanya Work From Bali, Bali terus berbenah dan kita harapkan sesuai dengan target, kita bisa mulai melakukn uji coba di kuartal III - 2021 untuk pembukaan pariwisata Bali,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com