Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pembagian Kepemilikan Saham Goto, Siapa Paling Besar?

Kompas.com - 02/06/2021, 15:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua perusahaan digital raksasa Indonesia yaitu Gojek dan Tokopedia akhirnya merger dengan melahirkan GoTo.

Dikutip Nikkei Asia Review, Gojek akan memiliki 58 persen saham GoTo, sedangkan 42 persen saham yang tersisa dimiliki Tokopedia.

Jika diurai lebih lanjut, SoftBank Group selaku raksasa telekomunikasi dan investasi asal Jepang memiliki saham di GoTo dengan porsi mencapai 15,3 persen. SoftBank sendiri merupakan investor mayoritas di Tokopedia.

Baca juga: GoTo Gandeng Hypermart Kembangkan Bisnis Ritel lewat Tokopedia

Begitu pula dengan Alibaba Group selaku perusahaan e-commerce China yang memiliki 12,6 persen saham GoTo. Alibaba juga bertindak sebagai salah satu investor Tokopedia.

Pihak Gojek tidak menanggapi secara rinci alasan di balik besaran kepemilikan sahamnya di GoTo maupun pengaruhnya terhadap peran mereka di perusahaan hasil merger tersebut.

Yang terang, aksi merger dengan pembentukan GoTo merupakan pencapaian penting yang telah dilakukan oleh Gojek. Apalagi, setelah merger, GoTo dikabarkan akan melantai di bursa saham Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

“Oleh karena itu, prioritas utama kami adalah memastikan kelancaran dan optimalisasi integrasi untuk dapat menjadi platform terbaik bagi jutaan konsumen, mitra usaha, dan mitra lainnya di ekosistem kami,” ungkap Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita, Rabu (2/6/2021).

Dia pun menyebut, IPO menjadi salah satu tujuan GoTo demi mendapat mendukung pertumbuhan perusahaan ke tahap selanjutnya. Alhasil, kombinasi bisnis antara Gojek dan Tokopedia akan mempercepat rencana IPO tersebut.

Belum ada keterangan lebih lanjut terkait kepastian kapan IPO GoTo akan benar-benar dilaksanakan.

Nila bilang, pihaknya akan menyampaikan perkembangan rencana tersebut di saat waktu yang tepat.

“Yang pasti dengan terbentuknya GoTo, bersama-sama kami berupaya untuk menghasilkan dampak yang lebih besar dan lebih signifikan kepada seluruh pemangku kepentingan di ekosistem kami,” tandas dia.

Baca juga: Respons Merger Gojek-Tokopedia Bentuk Grup GoTo, Ini yang Dilakukan KPPU

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com